Kusnawanto, Seva Andini. 2008. Peningkatkan Kemampuan Membaca  Permulaan Siswa Kelas I SD dengan Metode Mueller pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Leminggir I Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia,Fakultas Sastra,Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Masnur Muslich, M.Si.

Kata kunci : metode Mueller, membaca permulaan 

{slide=Selengkapnya}

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa dari 14 siswa ada 4 siswa bisa membaca dengan lancar, 5 siswa membaca dengan mengeja, dan 5 siswa lainnya masih susah mengenali huruf-huruf yang terangkai dalam sebuah kata atau kalimat. Hal ini disebabkan metode pembelajaran membaca permulaan yang digunakan guru kurang bervariasi, guru hanya menggunakan buku teks dalam pembelajaran membaca permulaan. Oleh karena itu, dengan adanya kenyataan tersebut perlu adanya metode yang bisa menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Mueller, yaitu metode pembelajaran membaca permulaan yang memanfaatkan benda-benda kongkret yang berada di sekitar anak yang diwujudkan ke dalam kegiatan bermain. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Leminggir I dengan menggunakan metode Mueller.   

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini, dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dengan aktivitas berbelanja di supermarket dan siklus II dengan aktivitas berkeliling dengan kereta. Pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tempat umum. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Leminggir I yang berjumlah 14 siswa. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan catatn lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode Mueller dapat ditingkatkan. Hal ini, tampak pada hasil observasi kemampuan membaca permulaan siswa kelas I, ketuntasan kelas yang semula hanya 78% menjadi 90%, dan juga pengingkatan rata-rata individu sebesar 12,5%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar guru mau melakukan inovasi terhadap penggunaan metode pembelajaran, dan juga hendaknya dilakukan penelitian lagi di SDN Leminggir I tentang membaca permulaan siswa untuk memantapkan hasil penelitian ini.

{/slide}

Loading