Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi kalor yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan selama 2 jam pelajaran untuk tiap pertemuan. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari semester genap tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa yang meliputi 2 aspek yaitu kognitif dan psikomotorik serta data pendukung berupa catatan lapangan. Aspek kognitif di ukur dari peningkatan skor tes setiap siklus, aspek psikomotorik diperoleh dari peningkatan skor hasil observasi dari pertemuan 1 ke pertemuan 2.
Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan skor hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Peningkatan aspek kognitif antara siklus I dengan siklus II adalah 73,28 menjadi 85,29 dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Peningkatan aspek psikomotorik antara pertemuan I dengan pertemuan II adalah 72,22% menjadi 83,98% dengan kriteria baik menjadi sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran model inkuiri dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari.