Departemen Fisika
Ardiana Hanatan, S.Pd., M.Sc.
Dr. Cahyo Aji Hapsoro, M.Si.
Dr. Herlin Pujiarti, M.Si.
Bakhrul Rizky Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
15 November 2021
Research/Penelitian
SDG 4. Quality Education

Mahasiswa dapat menyimpan lebih banyak informasi ketika mereka mempunyai pengalaman belajar “melakukan” (90%). Sedangkan informasi yang mereka simpan dari pengalaman belajar lainnya lebih rendah yaitu 10% dari membaca, 20% dari mendengar, 30% dari melihat, 50% dari kombinasi melihat dan mendengar, serta 70% dari menulis. Hal tersebut bersesuaian dengan teori Cone’s Dale of Experience yang menggabungkan beberapa teori yang berkaitan dengan desain instruksional dan proses belajar. Oleh karenanya dalam Fisika, dibutuhkan mata kuliah praktikum agar dapat memahami konsep teoritis dengan lebih baik melalui keterampilan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran praktikum yang ter-update dengan tuntutan pendidikan. Modul praktikum ber-ISBN disusun dalam rentang waktu Maret 2021 hingga November 2021 oleh para dosen Departemen Fisika Universitas Negeri Malang. Hal tersebut dalam rangka mendukung keberhasilan SDG 4 dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan diharapkan dapat meraih 3 tujuan utama yaitu mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Pembangunan berkelanjutan difokuskan untuk menaikkan taraf kehidupan masyarakat dan memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.Tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk memandu para mahasiswa dalam melaksanakan Praktikum Fisika seperti tampak pada Gambar 1. Kegiatan penelitian dimulai dari analisis kebutuhan, penyusunan materi, hingga pada proses pengajuan ISBN.

Loading