Setiawan, A.D. 2012 . Pengaruh Penerapan Paket Scaffolding Berbasis Kooperatif Materi Gelombang Dan Optik Terhadap Prestasi Belajar Dan Sikap Ilmiah  Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyono Koes H., M.Pd, M.A, (II) Drs. Eddy Supramono, M.Pd

Kata Kunci: paket scaffolding berbasis koopertif,prestasi belajar,sikap ilmiah.

Fisika Dasar di jurusan fisika Universitas Negeri Malang diselenggarakan dengan penyajian materi secara langsung oleh dosen. Saul et al. (2000) menunjukkan bahwa berdasarkan laporan dosen-dosen fisika mahasiswa yang memprogram  matakuliah Fisika Dasar dengan penyajian materi  secara langsung dan kegiatan laboratorium tradisional mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Beberapa kesulitan tersebut antara lain: (1) pemahaman yang lemah terhadap konsep-konsep fisika dasar, (2) ketidakmampuan untuk menerapkan hal-hal yang mereka ketahui ke dalam situasi baru,( 3) keyakinan bahwa fisika hanya sekedar kumpulan persamaan dan prosedur, (4) keyakinan bahwa fisika tidak memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari, dan (5) kegagalan untuk melihat fisika sebagai proses untuk memahami dunia fisik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar dan sikap ilmiah antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik  dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan  menggunakan model pembelajaran langsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah  the pretest-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fisika semester II  jurusan fisika yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar II. Teknik pengambilan sampel  menggunakan cluster sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas M/G sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 36 mahasiswa dan kelas A/A sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 25 mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif  menggunakan uji mancova yang dikenakan pada tes evaluasi (posttest) dengan data kemampuan awal (pretest) sebagai kovarian. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas mahasiswa yang dibelajarkan  dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik  dan kelas mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara kelas mahasiswa yang dibelajarkan  dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik  dan kelas mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung
Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar dosen disarankan menerapkan paket scaffolding berbasis kooperatif karena nilai  prestasi belajar dan sikap ilmiah kelas yang menggunakan paket scaffolding berbasis kooperatif lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Loading