Ramadhoni Zahrotur Rizkia. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (Tsts) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Ma Assalam Selopuro Blitar, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Pembelajaran fisika di kelas XI IPA MA Assalam selama ini menggunakan metode ceramah dan diskusi kelas, metode praktikum dan diskusi dengan teman sebaya belum pernah diterapkan, sehingga kemampuan kerja ilmiah siswa belum pernah diamati, dan prestasi belajar fisika siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa dan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis praktikum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar melalui penerapan model pembelajaran TSTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model TSTS berbasis praktikum. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, rubrik kemampuan kerja ilmiah siswa dan tes tulis. Kemampuan kerja ilmiah dikatakan berhasil jika tiap aspek telah mencapai 70% dari skor maksimal. Prestasi belajar dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar telah mencapai 75% dari seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA MA Assalam Selopuro Blitar. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 29,47 % dan prestasi belajar mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 18,33 %.

Kata kunci: model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis praktikum,kemampuan kerja ilmiah, prestasi belajar.

Loading