Priagung Y, Yonif. 2011. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.5 SMAN 1 Lawang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Malang. Pembimbing: (I) Kadim Masjkur Drs. M. Pd, (II) Hartatiek Dra. M. Si.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, pembelajaran fisika, hasil belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran dilaksanakan pada pokok bahasan listrik dinamis dengan sub pokok bahasan hukum Ohm dan rangkaian seri paralel. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika kelas X.5 SMAN 1 Lawang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan metode ceramah. Pengalaman belajar yang diperoleh siswa hanya terbatas dari mencatat, menghafalkan rumus, menghafalkan konsep fisika, dan soal. Metode ini hanya bisa menilai siswa dari segi kognitif saja. Salah satu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif adalah pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.5 SMAN 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMAN 1 Lawang yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari: rencana tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data pada penelitian ini diambil dengan cara tes dan observasi.

Hasil penelitian mengenai : (1) pada aspek kognitif perolehan gain skor siswa mengalami peningkatan sebesar 0,16 poin. (2) aspek afektif siswa mengalami peningkatan 17,94%. (3) aspek psikomotor siswa mengalami peningkatan 18,80%. Model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Loading