Wahyuningsih, Nining. 2009. Penerapan Metode Demonstrasi Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M.Si., (II) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd.

Kata kunci : demonstrasi terbimbing, prestasi belajar, kualitas pembelajaran

Pembelajaran Fisika di SMP Negeri 10 Malang  telah menggunakan metode, diantaranya berupa ceramah, diskusi, dan kadang-kadang metode demonstrasi. Namun di dalam implementasinya siswa masih kurang dalam keterampilan proses. Kekurang terampilnya siswa menyebabkan hasil belajar tidak dapat berjalan optimal. Untuk itu perlu diupayakan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar, memberikan penjelasan, dan memberikan stimulus atau rangsangan. Metode demonstrasi terbimbing ini merupakan salah satu metode yang dapat memenuhi keperluan ini. Selain itu pembelajaran pembelajaran fisika di SMP Negeri 10 Malang belum menerapkan metode demonstrasi terbimbing. Dengan penerapan metode demonstrasi terbimbing di dalam pembelajaran fisika, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, siswa akan lebih mendapatkan penjelasan, dan memberikan rangsangan atau stimulus dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajara fisika dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika.

Penelitian ini mengkaji tentang ada tidaknya peningkatan kualitas dan Prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi terbimbing dalam pembelajaran kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas  VIII-C SMP Negeri 10 Malang semester 1 tahun pelajaran 2008/2009.

Setelah dilakukan analisis secara diskriptif diperoleh data analisis prestasi belajar siswa menggunakan  pretes dan postes pada siklus I didapat nilai rata-rata kelas 40,92 sedangkan untuk siklus II didapat rata-rata kelas sebesar 61,03. Prestasi siswa mengalami peningkatan sebesar 20,11 artinya setelah diterapkannya metode demonstrasi terbimbing di dalam pembelajaran kualitatif  prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Sedangkan untuk kualitas pembelajaran fisika siswa yang diukur dari keterampilan proses dari setiap pertemuan mengalami peningkatan dalam hal: keterampilan dalam menggunakan alat, mengukur, menganalisis data, menarik kesimpulan dan keterampilan dalam bertanya.  Diharapkan bagi guru fisika menerapkan metode demonstrasi terbimbing dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas belajar fisika siswa agar prestasi belajarnya makin meningkat.

Loading