Departemen Fisika
Prof. Dr. Parno, M.Si
Dr. Edi Supriana, M.Si
Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si
Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd
5 September 2021
Research/Penelitian,
SDG 4. Quality Education
SDG 9. Industry, Innovation, and Infrastructure

PjBL merupakan pendekatan yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan di abad 21. Tujuan pendidikan STEM adalah mempersiapkan siswa menjadi bagian dari masyarakat yang mampu menyebarkan ilmunya. menghadapi revolusi industri 4.0 abad 21. Penelitian menggunakan campuran metode desain eksperimen terpadu. Penelitian terkait integrasi PjBL STEM dengan penilaian formatif diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah melalui kegiatan pembelajaran yang disajikan di bawah ini. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait poin 4, khususnya pendidikan berkualitas, dan poin 9 SDGs terkait industri, inovasi, dan infrastruktur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkonstruksi informasi, fakta dan data melalui deskripsi masalah, menggunakan strategi dan proses matematis untuk pemecahan masalah yang mengarah pada keterampilan pemecahan masalah material. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Sidayu tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Juni hingga November 2021. Rancangan penelitian menggunakan rancangan eksperimen metode campuran terpadu. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan. Desain eksperimental gabungan dari metode campuran ditunjukkan pada Gambar 1.

Identifikasi masalah dilakukan dengan melihat beberapa penelitian sebelumnya, sehingga ditemukan bahwa kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa termodinamika masih belum optimal dan perlu solusi.

Loading