Thobi’in, Mochammad. 2009. Kemampuan Mengelola Kelas Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (2) Drs. Abdulloh Fuad, M.Si.

Kata kunci: kemampuan mengelola kelas, mahasiswa PPL, penerapan lesson study

Salah satu kompetensi profesional keguruan yang dilatihkan pada Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL adalah kemampuan mengelola kelas. Masa PPL selama 3 (tiga) bulan dan sedikitnya kesempatan praktek di kelas yaitu kurang lebih 4 (empat) kali pertemuan, mendorong guru pamong, dosen pembimbing, dan mahasiswa PPL untuk menerapkan lesson study selama PPL di SMA Widya Gama Malang. Penerapan lesson study melatih Mahasiswa Pendidikan Fisika berkolaborasi untuk merencanakan (plan), melaksanakan dan mencermati pembelajaran melalui observasi (do), dan melakukan refleksi evaluatif (see). Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam mengelola kelas diharapkan dapat tumbuh berkelanjutan melalui penerapan lesson study.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan lesson study oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL, kemampuan mengelola kelas Mahasiswa Pendidikan Fisika, dan pertumbuhan kemampuan mengelola kelas Mahasiswa Pendidikan Fisika. Keterlaksanaan penerapan lesson study adalah perbandingan jumlah tindakan yang terlaksana dengan jumlah seluruh tindakan yang seharusnya dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL ditinjau dari prespektif pengelolaan kelas. Kemampuan mengelola kelas adalah skor yang dimiliki oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika yang menunjukkan kemampuan melaksanakan tindakan positif, kemampuan melaksanakan tindakan korektif, dan kemampuan melaksanakan tindakan remedial. Pertumbuhan kemampuan mengelola kelas adalah perubahan kemampuan mengelola kelas dari Mahasiswa Pendidikan Fisika yang direntang terhadap 2 (dua) siklus besar lesson study yang dilaksanakan

Penelitian ini dilaksanakan selama PPL yaitu bulan Agustus – Oktober 2008. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan etnografi. Peneliti berbaur langsung dalam kegiatan PPL untuk mengambil data yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Data diambil dari observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan lesson study adalah sebesar 70,99 % dengan kategori terlaksana, kemampuan mengelola kelas berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 62,99 %, dan kemampuan mengelola kelas mengalami pertumbuhan sebesar 31,58 % dari 47,20 % pada siklus lesson study I (6 open class pertama) dan 77,78 % pada siklus lesson study II (8 open class terakhir).

Loading