Yuliasari, Anggita. 2009. Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL Berbasis Lesson Study dalam Melakukan Observasi Pembelajaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (2) Drs. Eddy Supramono.

Kata kunci: penerapan lesson study, kemampuan melakukan observasi pembelajaran, kemampuan prosedural, kualitas tindakan, kualitas hasil.

Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konven-sional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Perbaikan mutu pembelajaran dapat dilakukan salah satunya dengan observasi pembelajaran, yang mana observasi pembelajaran adalah bagian dari tahapan do dari lesson study. Dengan diupaya-kannya peningkatan mutu tenaga pendidik atau guru untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan di Indonesia, dirasakan perlu pendidikan atau pelatihan guru untuk menjadi guru yang profesional dan berkompeten. Universitas Negeri Malang sebagai Perguruan Tinggi yang mencetak calon guru harus membekali mahasiswa dengan  suatu keterampilan mengajar yaitu dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Berdasarkan hal di atas dilaksanakan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika untuk melakukan observasi pembelajaran, yang mencakup sub konsep kemampuan prosedural, kualitas tindakan, dan kualitas hasil. Tujuan berikutnya adalah untuk mendes-kripsikan pertumbuhan kemampuan melakukan observasi pembelajaran yang dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study selama PPL mencakup sub variabel kualitas tindakan dan kualitas hasil.

Penelitian ini dilaksanakan selama PPL yaitu bulan Februari-April 2009. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Peneliti dalam hal ini bertindak sebagai pengumpul data, penganalisis data, dan pelapor hasil penelitian. Dalam pelaksanaan pengumpulan data, peneliti dibantu rekan mahasiswa yang melaksanakan PPL berbasis lesson study sebagai subjek penelitian yang akan membantu dalam pengisian lembar angket untuk mengetahui kemampuan prosedural melakukan observasi pembelajaran.  Data diambil dari analisis skor angket dan penilaian produk yang berupa lembar observasi dan laporan hasil refleksi observasi yang telah dilaksanakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Mahasiswa Pendikan Fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study dalam melakukan observasi pembelajaran adalah baik dengan skor 81.4 yang meliputi skor kemampuan prosedural observasi pembelajaran 84.3 dengan kategori sangat baik, skor kualitas tindakan pelaksanaan observasi pembelajaran 80.4 dengan kategori baik, dan skor kualitas hasil observasi 79.4 dengan kategori baik. Petumbuhan kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study berdasar sub konsep kualitas tindakan dan kualitas hasil yang digam-barkan dalam grafik pertumbuhan menunjukan bahwa kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study mengalami pertumbuhan yang baik pada setiap keterlaksanaan open class pertama ke open class selanjutnya.

Loading