Susanto, Khoirul Haris. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika JurusanFisikaFMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd,(2) Drs.Subani.

Kata Kunci: Learning Cycle 7E, motivasi belajar, prestasi belajar

 

Berdasarkanhasilobservasi, siswadi SMAN 1 Singosaricenderung bermalasan dalam mengikuti pelajaranhal ini terlihat adanya beberapa siswa terlihat mengobrol dengan teman sebangku, ada juga yang sedang bermain handphone bahkan ada siswa yang tidur.Dengan keadaan yang seperti itu mengakibatkan prestasi siswa kurang baik. Hal ini terlihat adanya salah satu kelas yang 10 siswa dari 33 siswa yang nilainya masih dibawah KKM.Keadaan tersebut dikarenakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran masih dilakukan dengan pembelajaran konvensional.Siswa masih jarang diberikan kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui sebuah praktikum. Kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru (teachercentered) di mana siswa hanya pasif mendengarkan apa yang diucapkan guru di kelas. Oleh sebab itu, digunakan model- model pembelajaran konstruktivistik, misalnya LearningCycle7E. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran LearningCycle 7E efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran LearningCycle 7E efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri I Singosari. Sampel terdiri atas kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiridari instrumen perlakuan berupa RPP, LKS, instrumen pengukuran berupa angket motivasidan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secarastatistikinferensialdanujihipotesismenggunakan uji-t denganbantuan program SPSS 17.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran LearningCycle 7E lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswadibandingkandengan model pembelajarankonvensional. (2) Penggunaan model pembelajaran LearningCycle 7E lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar fisika siswadibandingkandengan model pembelajarankonvensional.

Loading