• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Think Pair Share

Think Pair Share

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan peneliti pada guru dan siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang, model yang sering digunakan guru dalam  pembelajaran fisika adalah model pembelajaran yang menekankan metode ceramah. Metode ceramah membuat siswa berperan sebagai objek dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cenderung bosan sehingga siswa menjadi malas belajar. Oleh karena itu diperlukan suatu model yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mempergunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa karena model Think Pair Share ini terdiri atas tahapan-tahapan yaitu tahap berpikir secara individu, tahap berpasangan, dan tahap berbagi. Setiap tahapan dalam model menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak cenderung pasif.

Kata kunci: Think Pair Share, aktivitas, dan prestasi

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang yang berjumlah 40 siswa yang terdiri atas 19 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, lembar kerja siswa, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan persentase keberhasilan tindakan yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi awal aktivitas belajar siswa kurang nampak  namun setelah diterapkan model think pair share, aktivitas siswa kelas VII-A nampak dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 48,3% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 59,5% dengan kriteria sedang pada kedua siklus.
Demikian juga dengan prestasi belajar siswa, berdasarkan nilai ulangan sebelum tindakan hanya 19 siswa yang tuntas belajar kemudian setelah diterapkan model think pair share prestasi siswa melonjak menjadi 23 siswa yang tuntas belajar walau dengan nilai sedikit di atas standart ketuntasan minimum (SKM). Kemudian pada siklus II kelas VII-A mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80%

Berdasarkan hasil penelitian, model think pair share dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran fisika guna meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Tag:aktivitas, dan prestasi, think pair share

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Upaya Peningkatan Kemampuan Merumuskan Hipotesis dan Merumuskan Kesimpulan Fisika dengan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Model Inkuiri bagi Siswa Kelas VIIIB SMPN I MALANG Tahun Ajaran 2008/2009”
September 9, 2009

Next post

Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Madiun
September 12, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID