Ruwaidah, Tutut.2009. Penerapan Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar 5E pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi  dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri I Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs.Sumardji Adikusumo, M.Si (II) Sugiyanto, S.Pd, M.Si.

Kata kunci: siklus belajar 5E, motivasi belajar , prestasi belajar

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di kelas VII-C SMP Negeri I Malang selalu menggunakan metode ceramah, tidak biasa siswa melakukan kegiatan praktikum, kegiatan diskusi kelompok hampir tidak pernah dilakukan, guru sangat mendominasi proses pembelajaran. Guru jarang melakukan demonstrasi, siswa hanya mencatat penjelasan guru dan menghafal konsep. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar siswa masih rendah.

Salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa di kelas VII-C SMP Negeri I Malang melalui penerapan pembelajaran silklus belajar 5E. Model pembelajaran model silkus belajar 5E memiliki 5 tahapan, yaitu engagement, eksplorasi, eksplanasi, elaborasi dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model siklus belajar 5E dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-C SMP Negeri I Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri I  Malang dengan jumlah 46  siswa, yang terdiri dari 26 orang putri dan 20 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah kalor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan penerapan pembelajaran model siklus belajar 5E, lembar observasi peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa dan dan instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi LKS dan RPP.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, penerapan pembelajaran model siklus belajar 5E terlaksana dengan baik selama siklus I dan siklus II. Motivasi dan prestasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran dengan model siklus belajar 5E pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek motivasi dan prestasi belajar siswa, baik pada level individu maupun level kelas. 

Loading