Muhammad Reyza Arief Taqwa, M.Pd., Bakhrul Rizky Kurniawan, M.Pd., Atsnaita Yasrina, M.Sc
5 September 2021
Research/Penelitian*
SDG 4: Pendidikan yang berkualitas (Quality Education)
Salah satu problematika pembelajaran Fisika Dasar adalah masih belum tersedianya media pembelajaran yang khusus dirancang untuk mahasiswa. Padahal, hal tersebut sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam memahami topik perkuliahan. Oleh karena itu, dalam penelitian yang telah dilaksanakan, dikembangkan media pembelajaran Fisika Berbasis Model POE dengan Corrective Feedback pada Materi Fluida Dinamis. Penelitian dilakukan oleh tim dosen pendidikan Fisika, Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode 4D (define, design, develop, dan disseminate). Dari kegiatan define hingga disseminate dilakukan dalam waktu 6 Bulan, yakni dari Maret 2021 hingga September 2021.
Hasil produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat diakses oleh mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan Fisika Dasar. Media pembelajaran dikemas dalam website yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Topik yang dibahas dalam media pembelajaran terdiri dari (1) fluida ideal, (2) azas kontinuitas, dan (3) hukum Bernoulli. Setiap topik dikemas dengan mengikuti tahapan POE (Predict, Observe, dan Explain). Selain aspek materi, media pembelajaran ini juga merancang soal latihan dengan corrective feedback. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian hasil belajar siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk mendukung ketercapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada aspek pendidikan yang bermutu (Quality Education). Dengan merancang media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, diharapkan kualitas pelaksanaan pembelajaran akan meningkat hingga diperoleh mutu lulusan yang tinggi.