• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2008/2009

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2008/2009

Nasution, Rodiyah. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd., Pembimbing  (II) Drs. Sumarjono.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains, Prestasi Belajar Fisika

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 1 Malang, ditemukan bahwa siswa masih kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, jika diberi kesempatan siswa jarang sekali bertanya atau menyampaikan gagasan. Keterampilan dalam menggunakan alat-alat laboratorium seperti termometer masih rendah. Siswa kurang dalam memperoleh pengalaman langsung, dikarenakan guru lebih sering melakukan demonstrasi daripada mengajak siswa ikut terlibat langsung dalam melakukan penyelidikan. Akibatnya keterampilan proses sains seperti keterampilan mengamati, mengukur, memprediksi, mengkomunikasikan, bereksperimen, dan menarik kesimpulan, rendah. Selain keterampilan proses yang masih rendah, nilai rata-rata ulangan harian siswa masih di bawah KKM yaitu 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar Fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang dengan penerapan model pembelajaran PBL.

Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan) dan reflect (refleksi). Subjek penelitian  ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang dengan jumlah 41 siswa. Instrumen penelitian meliputi instrument tindakan yaitu RPP dan LKS, lembar keterlaksanaan PBL, format catatan lapangan, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes prestasi belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Malang. Hasil analisis dapat dilihat peningkatan aspek keterampilan proses sains pada siklus I dari 59,59% dengan kriteria cukup baik menjadi 71,11% dengan kriteria baik. Prestasi belajar Fisika juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I 74,63 menjadi 80,41. Peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya yang berdampak positif terhadap ketuntasan belajar.

Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru bidang studi dianjurkan menggunakan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. (2) Bagi siswa agar melatih diri berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta melibatkan kemampuan intelektual agar diperoleh hasil belajar yang baik. (3) Bagi peneliti berikutnya, disarankan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan di kelas dan dapat mengelola kelas agar tahapan PBL terlaksana.

Tag:keterampilan proses sains., Prestasi Belajar Fisika., Problem Based Learning (PBL)

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Pembuatan Musik Berbasis Game of Life. Skripsi, Program Studi Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang
January 27, 2010

Next post

Animasi Fisika dengan Swish MAX - Pengantar
February 2, 2010

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID