0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Prastyowati, Yuni. 2011. Pengembangan  Instrumen Penilaian Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi  bagi  Siswa  Kelas  XI    SMA  dengan Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika,  Fakultas  Matematika  dan  Ilmu  Pengetahuan  Alam,  Universitas Negeri  Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Kadim  Masjkur,  M.Pd.,  (II)  Drs. Asim, M.Pd.

Kata Kunci: impuls dan momentum, miskonsepsi, tes pilihan ganda

Miskonsepsi  adalah kondisi yang menunjukkan pemahaman konsep yang berbeda  dengan  pemahaman  yang  dipakai  oleh  para  ahli.  Miskonsepsi  dapa mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Miskonsepsi dapat disebabkan karena adanya aktor  internal  dari  dalam  diri  siswa  dan  faktor  eksternal  baik  dari  segi  guru maupun bahan ajar yang digunakan. Selama ini alat identifikasi miskonsepsi yan pernah  dikembangkan  membutuhkan  waktu  lama  dalam  proses  analisisnya, sehingga  sebagian  besar  guru  sulit  dan  enggan  untuk  melakukan  identifikas miskonsepsi. Atas  dasar  kendala  tersebut, maka  dikembangkan  butir  tes  pilihan ganda sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada materi impuls dan momentum Penelitian yang dilakukan termasuk pada penelitian pengembangan dengan produk  yang  dikembangkan  adalah  berupa  tes  pilihan  ganda  sebagai  ala identifikasi miskonsepsi materi  impuls dan momentum yang  efektif dan efesien. Penelitian  ini  juga  bertujuan  untuk  mengetahui  tentang  langkah-langka pengembangan  produk  tes  pilihan  ganda,  mengetahui  kelayakan  produk  serta mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan Langkah-langkah  penelitian  pengembangan  ini  meliputi:  tahap pendahuluan,  perencanaan,  pengembangan  produk  awal,  uji  lapangan  awal  da revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi logis dan analisis  program  AAFF. 

Kegiatan  validasi  dilaksanakan  oleh  validator  yan berasal  dari  pihak  guru  dan  dosen  sebagai  ahli  materi  dan  ahli  penilaian. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  meggunakan  angket  yang  disertai  rubrik penilaian, soal uraian dan soal pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi  data  kuantitatif  berupa  penilaian  validator  berdasarkan  skala  likert  dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator. Produk  akhir  penelitian  ini  adalah  tes  pilihan  ganda. Butir  pilihan  ganda adalah alat  identifikasi miskonsepsi yang dikembangkan berdasarkan  soal uraian yang  telah  diujikan  pada  siswa  sebelumnya  dan  berdasarkan  deskripsi  jawaban soal uraian. Pilihan ganda memiliki empat alternatif jawaban yang masing-masing memiliki  deskripsi  yang  berbeda.  Deskripsi  yang  dibuat  menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah opsi. Berdasarkan  hasil  analisis,  produk  yang  dihasilkan  sudah  memenuhi kriteria  layak,  namun  masih  perlu  ada  revisi  berdasarkan  saran,  kritik  dan tanggapan  dari  validator.  Proses  identifikasi  dilakukan  dengan  melihat kecenderungan  jawaban  siswa.  Produk  yang  dihasilkan  mampu  membedakan  siswa  yang  miskonsepsi  dan  yang  tidak  miskonsepsi  serta  mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya.

Prastyowati, Yuni. 2011. Pengembangan  Instrumen Penilaian Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi  bagi  Siswa  Kelas  XI    SMA  dengan Pokok Bahasan Impuls dan Momentum