Prastyowati, Yuni. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi bagi Siswa Kelas XI SMA dengan Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd., (II) Drs. Asim, M.Pd.
Kata Kunci: impuls dan momentum, miskonsepsi, tes pilihan ganda
Miskonsepsi adalah kondisi yang menunjukkan pemahaman konsep yang berbeda dengan pemahaman yang dipakai oleh para ahli. Miskonsepsi dapa mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Miskonsepsi dapat disebabkan karena adanya aktor internal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal baik dari segi guru maupun bahan ajar yang digunakan. Selama ini alat identifikasi miskonsepsi yan pernah dikembangkan membutuhkan waktu lama dalam proses analisisnya, sehingga sebagian besar guru sulit dan enggan untuk melakukan identifikas miskonsepsi. Atas dasar kendala tersebut, maka dikembangkan butir tes pilihan ganda sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada materi impuls dan momentum Penelitian yang dilakukan termasuk pada penelitian pengembangan dengan produk yang dikembangkan adalah berupa tes pilihan ganda sebagai ala identifikasi miskonsepsi materi impuls dan momentum yang efektif dan efesien. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tentang langkah-langka pengembangan produk tes pilihan ganda, mengetahui kelayakan produk serta mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan Langkah-langkah penelitian pengembangan ini meliputi: tahap pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan awal da revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi logis dan analisis program AAFF.
Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yan berasal dari pihak guru dan dosen sebagai ahli materi dan ahli penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan angket yang disertai rubrik penilaian, soal uraian dan soal pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator. Produk akhir penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Butir pilihan ganda adalah alat identifikasi miskonsepsi yang dikembangkan berdasarkan soal uraian yang telah diujikan pada siswa sebelumnya dan berdasarkan deskripsi jawaban soal uraian. Pilihan ganda memiliki empat alternatif jawaban yang masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda. Deskripsi yang dibuat menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah opsi. Berdasarkan hasil analisis, produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak, namun masih perlu ada revisi berdasarkan saran, kritik dan tanggapan dari validator. Proses identifikasi dilakukan dengan melihat kecenderungan jawaban siswa. Produk yang dihasilkan mampu membedakan siswa yang miskonsepsi dan yang tidak miskonsepsi serta mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya.