Pramesti,YasintaSindy.2012. PerbedaanKemampuanBertanyadanPrestasiBelajarModel Generative Learning Tugas Terbuka danTugasTertutupbagiMahasiswaFisika Universitas Negeri Malang.Skripsi, Program StudiPendidikanFisika, FMIPA UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Sutarman, M.Pd. (II) Dr. Muhardjito, M.S.
Kata Kunci: model generative learning, tugasterbuka,tugastertutup, kemampuanbertanya, prestasibelajar.
BerdasarkanhasilteskemampuanawalmenunjukkanbahwanilaimatakuliahFisikaDasarmahasiswa yang rendah.Hal initerlihatdarihasilpre-testprestasibelajaryang menunjukkanbahwaprestasibelajarmahasiswafisikamasihkurang.Selainitu data-data nilaiFisikaDasarmahasiswaangkatansebelumnyajugamenunjukkanbahwaprestasimahasiswaFisikaDasarrendah.Selainituberdasarkanobservasiawalmenunjukkanbahwasikapdanketerampilan proses mahasiswarendah. Saatpembelajaranberlangsungmahasiswahanyadiambahkanterlihattidaktertariksaatmengikutiperkuliahan.Bahkanketikadosenberupayauntukberinteraksi, mengajukanpertanyaankepadamahasiswa, mahasiswatidakkunjungmenjawabsecaraaktif.Upayauntukmeningkatkanprestasibelajardankemampuanbertanyamahasiswaperludilakukan.Salah satuupayauntukmeningkatkanhasilbelajaradalahdenganmenerapkan model pembelajarantepat yang dapatmemicukemampuanbertanyasehinggamenyebabkanprestasibelajarmeningkat.Dalampenelitianinipenelitimencobamenerapkan model pembelajarandenganpemberiantugasterbukadantertutup.Selainituberdasarkanbeberapapenelitiansebelumnyamenunjukkanbahwa model pembelajarandenganpendekatanterbukadapatmeningkatkanprestasibelajar.Olehkarenaitupenelitimencobamembandingkan 2 model pembelajarantersebutdanmenerapkankepadamahasiswaFisikaDasaruntukmeningkatkanprestasibelajardankemampuanbertanya.
Penelitianinimerupakanjenispenelitiansemu (quasi experiment).PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaFisikatahunajaran 2011/2012 UniversitasNegeri Malang.Sampeldalampenelitianiniadalahmahasiswakelas CCdan MG. Kelas CCterdiridari 34 mahasiswasebagaikelas yang belajardengan model generative learningtugasterbuka, sedangkankelas MG terdiridari 36mahasiswasebagaikelasyang belajardengan model generative learningtugastertutup.
Berdasarkanhasilujihipotesisdiketahuibahwaterdapatperbedaanprestasibelajardankemampuanbertanyayang signifikanantaramahasiswayang diajardenganmodel generative learningtugasterbukadanmodel generative learningtugastertutup.Prestasibelajardankemampuanbertanyamahasiswa yang belajardengan model generative learningtugasterbukalebihbaikdaripadamahasiswa yang belajardenganmenggunakanmodel generative learningtugastertutup.