PERBEDAAN MINAT BELAJAR TERHADAP MATA PELAJARAN
FISIKA PADA SISWA KELAS VIII RSBI DAN NONRSBI
DI SMP NEGERI 1 SUKODONO
Andi Kurniawan Eko Supriyadi
Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang
ABSTRAK
Jenjang pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia ada tiga jenjang, yaitu Jenjang pendidikan dasar, Jenjang pendidikan menengah, Jenjang pendidikan tinggi. Dalam hal ini, pemerintah berupaya meningkatkan mutu, efisiensi, relevansi, dan peningkatan daya saing pendidikan secara nasional dan sekaligus internasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional. Hal ini berimbas pada proses pembelajaran yang dilaksanakan secara bilingual, terutama pada mata pelajaran saint termasuk fisika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri I Sukodono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi kelas, wawanacara guru dan siswa, serta penyebaran angket untuk siswa. Ketiga metode tersebut digunakan dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 217 siswa. Sampel yang diambil 6 kelas dari 3 kelas RSBI dan 3 kelas non RSBI. Sampel yang digunakan sebesar 50 % dari jumlah masing-masing kelas dan pengambilannya dengan menggunakan teknik random sampling (sampel acak).
Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket minat belajar terhadap mata pelajaran fisika pada siswa dengan menggunakan uji T diperoleh nilai Thitung (5.550) > Ttabel (1.66) dan probabilitas Asymp.sig(2-tailed) sebesar 0.000 < alpha sebesar 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar terhadap mata pelajaran fisika yang signifikan antara siswa RSBI dan non RSBI di kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodono.
Kata kunci: minat belajar, fisika, RSBI, dan non RSBI.