• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Deterjen Bagi Siswa SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang

Pengembangan  Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Deterjen Bagi Siswa SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang

Jannah, Nur. 2009. Pengembangan  Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Deterjen Bagi Siswa SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriyono Koes H, M.Pd, MA, (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd

Kata kunci: IPA Terpadu, Konstruktivisme.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Namun pembelajaran IPA di SMP Negeri 18 Malang belum dilaksanakan secara terpadu. IPA masih dibelajarkan secara terpisah-pisah antara mata pelajaran fisika dan biologi. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar/paket IPA Terpadu untuk membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan (1) mengembangkan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme bagi SMP Negeri 18 Malang, (2) mengembangkan panduan guru IPA terpadu berbasis konstruktivisme bagi SMP Negeri 18 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah model Borg dan Gall terdiri dari 10 tahap, yaitu: (1) tahap pengumpulan informasi dan penelitian, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi akhir, (10) desiminasi. Pada pengembangaN ini hanya menggunakan lima langkah, karena hanya untuk menghasilkan produk utama saja. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert, sedangkan data kualitatif berupa tanggapan, saran, dan kritik dari validator dan koreksi kata dan kalimat sulit oleh siswa.

Paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme untuk SMP Negeri 18 Malang yang dikembangkan memiliki tema deterjen yang merupakan perpaduan dari materi kimia, fisika dan biologi. Berdasarkan hasil uji validitas, paket bahan ajar memperoleh skor 3,76 yang bernilai valid. Hasil uji validasi panduan guru IPA Terpadu berbasis konstruktivisme untuk SMP Negeri 18 Malang memperoleh skor 3,78 yang bernilai valid. Kelebihan dalam paket bahan ajar dan panduannya yang dikembangkan adalah: (1) disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,  (2) penyusunannya disesuaikan dengan paradigma pembelajaran kontekstual, (3) siswa dapat melihat hubungan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, (4) siswa dapat melihat hubungan yang bermakna antara materi kimia, fisika dan biologi, (5) beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus sehingga terjadi efisiensi waktu, (7) memudahkan guru dalam menyampaikan materi IPA terpadu dengan tema deterjen, kekurangan pada bahan ajar ini adalah: (1) bahan ajar yang dikembangkan hanya dilakukan validasi isi belum divalidasi empirik, (2) memerlukan biaya yang tinggi untuk dapat menghasilkan (memiliki) bahan ajar, (3) guru harus berwawasan luas dan memiliki kreativitas tinggi, (4) memerlukan fasilitas yang memadai seperti alat-alat untuk melakukan praktikum.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, IPA Terpadu, Konstruktivisme.

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Peranan Media dalam Membantu Proses Pembelajaran Fisika Dasar I Untuk Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang
March 17, 2011

Next post

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 6 SMAN 3 Malang
March 20, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID