Hanani, Ahmad, Harish. 2011. Pengembangan Butir Tes Pilihan Ganda Distraktor Bermakna Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Usaha dan Energi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeta-huan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Drs. Mudjihartono.
Kata Kunci : butir tes pilihan ganda distraktor bermakna, miskonsepsi, usaha dan energi
Miskonsepsi dapat diartikan sebagai pertentangan atau perbedaan konsepsi seseorang dengan konsepsi yang dimiliki oleh masyarakat ilmiah atau para ahli yang telah diyakini kebenarannya. Miskonsepsi dapat mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Miskonsepsi dapat disebabkan karena adanya faktor internal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal baik dari segi guru maupun bahan ajar yang digunakan. Selama ini alat identifikasi miskonsepsi yang pernah dikembangkan membutuhkan waktu lama dalam proses analisisnya, sehingga sebagian besar guru sulit dan enggan untuk melakukan identifikasi miskonsepsi. Atas dasar kendala tersebut, maka dikembangkan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada materi usaha dan energi.
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan alat identifikasi miskonsepsi materi usaha dan energi yang efektif dan efesien. Pene-litian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk serta mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Langkah-langkah penelitian yang akan dilaksanakan meliputi: tahap pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi isi dan analisis program AAFF. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak guru dan dosen sebagai ahli materi dan ahli penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan angket yang disertai rubrik penilaian, soal uraian dan soal pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif be-rupa penilaian validator berdasarkan skala likert dan data kualitatif berupa tang-gapan dan saran yang diberikan oleh validator.
Produk akhir penelitian ini adalah butir pilihan ganda distraktor bermakna. Butir pilihan ganda distraktor bermakna adalah alat identifikasi miskonsepsi yang dikembangkan berdasarkan soal uraian yang telah diujikan sebelumnya dan berdasarkan deskripsi jawaban soal uraian. Pilihan ganda distraktor bermakna memiliki empat alternatif jawaban yang masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda. Deskripsi yang dibuat menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah opsi. Berdasarkan hasil analisis, produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak, namun masih perlu ada revisi berdasarkan saran, kritik dan tanggapan dari validator. Produk yang dihasilkan mampu membedakan siswa yang miskonsepsi dan yang tidak miskonsepsi serta mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya. Proses identifikasi dilakukan dengan melihat kekonsistenan jawaban siswa.