Faridiana, Vita. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Listrik Dinamis Berbasis GenerativeLearning untuk Menunjang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Program SBI/RSBI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Sutarman, M.Pd. (II) Drs. PurboSuwasono, M.Si.

Kata Kunci: Bahan ajargenerativelearning, listrik dinamis.

Generativelearning adalah  salah satu model pembelajaran yang sangat menghargai pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Model generativelearning memberi kesempatan siswa bekerja secara aktif untuk memperoleh pemahaman.Pada proses pembelajaran di SMA RSBI harus menggunakan bahasa Inggris, secara otomatis bahan ajar danstudentworksheetjuga harus disesuaikan. Oleh karena itu, bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran fisika di SBI/RSBI. Melalui generativelearning diharapkan pembelajaran fisika dapat membuat siswa aktif untuk memperoleh konsep fisika dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika berbasis generativelearninguntuk menunjang pembelajaran fisika di kelas X program SBI/RSBI pada materi listrik dinamis.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian yang  dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan, yaitu (1) studi pendahuluan yang terdiri dari kajian kurikulum dan survei lapangan, (2) perencanaan yang terdiri dari menetapkan bidang kajian yang akan dipadukan, mempelajari silabus bidang kajian, memetakan indikator pada KTSP dan CambridgeCurriculum, dan pengembangan isi pembelajaran, (3) pengembangan produk, (4) uji kelayakan yang terdiri atas uji validasi dan uji coba terbatas, dan (5) revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan uji validasi oleh 2 orang dosen fisika dan 2 orang guru fisika SMA RSBI. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada35 siswa kelas X di SMAN 5 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Jenis data penelitian terdiri atas data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator.

Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis generativelearningpada materi listrik dinamis yang terdiri atas bahan ajar untuk siswa dan buku guru dalam mengajar fisika di SBI/RSBI. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator, terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan bahan ajar fisika berbasis generativelearningmateri listrik dinamis untuk menunjang pembelajaran fisika SMA kelas X program SBI/RSBI.

 

Loading