Azizah, Evi Nurul. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dengan Memanfaatkan CourseLab 2.4 pada Materi Listrik Dinamis untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Pd  (II) Dra. Chusnana Insyaf Yogihati, M. Si.

Kata Kunci : bahan ajar, multimedia interaktif, listrik dinamis.

Peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator tetapi bukan sumber utama untuk menumbuhkan sikap aktif dan kreatif siswa. Kondisi semacam ini mendorong perlunya ada perumusan rancangan pembelajaran (instructional design) untuk pembelajaran fisika yang lebih aktif dan kreatif, sehingga diperlukan bahan ajar untuk menjadikan pembelajaran itu menjadi menarik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu pembelajaran yang menggunakan software Course Lab 2.4. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dengan memanfaatkan CourseLab 2.4 agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep listrik dinamis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk dan mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan  model Borg & Gall dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator.

Hasil produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar berbasis multimedia interaktif dengan memanfaatkan CourseLab 2.4 pada materi listrik dinamis. Berdasarkan hasil analisis data, produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain, bahan ajar ini menghasilkan bahan ajar interaktif yang dapat di publikasikan di Internet, Learning Management Systems (LMS), serta CD-ROM.

Loading