Halimah, Iftahul. 2011. Pengembangan Asesmen Berbasis E-Portofolio untuk Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas X SMAN 5 Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (II) Drs. Winarto.

Kata kunci: asesmen berbasis e-portofolio, asesmen e-portofolio, e-portofolio fisika

Asesmen berbasis e-portofolio merupakan  koleksi beberapa bukti kegiatan belajar siswa yang telah disepakati bersama oleh guru dan siswa. Hasil observasi awal di SMAN 5 Kediri, didapatkan informasi bahwa telah ada koneksi internet dan asesmen portofolio, akan tetapi belum menggunakan e-portofolio. Nilai fisika siswa kelas X tahun 2009-2010 pada materi Listrik Dinamis di SMAN 5 Kediri, 80% berada dibawah SKM. Tujuan pengembangan Asesmen berbasis e-portofolio ini adalah untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan asesmen berbasis e-portofolio, (2) mendeskripsikan karakteristik asesmen berbasis e-portofolio, dan (3) mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen berbasis e-portofolio.

Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah; studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, penyusunan draf produk, evaluasi produk, dan validasi produk hasil pengembangan. Produk yang dihasilkan adalah berupa asesmen berbasis e-portofolio.  Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil penilaian kelayakan dari validator sedangkan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata kelayakan asesmen berbasis e-portofolio adalah sebesar 3,36 yang memenuhi kriteria/kategori layak sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai alat/sarana dalam melakukan kegiatan penilaian.

Loading