0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Ivano, Yogi. 2012.Pengaruh Penerapan Paket Scaffolding Berbasis Pembelajaran KooperatifMateri Listrik dan Magnet terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Fisika UM.Skripsi. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang:Pembimbing              (I) Dr.Supriyono Koes H., M.Pd, M.A (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si.

 

Kata kunci: Paket Scaffolding Berbasis Kooperatif, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar.

Studi  pendahuluan oleh Koes H dkkpada tahun 2011 menemukan bahwadengan strategi pembelajaran langsung yang selama ini digunakan pada perkuliahan Fisika Dasar di Jurusan Fisika UM, hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika masih sangat rendah dan dikhawatirkan akan tumbuh sikap yang negatif terhadap fisika. Padatahun 2011, telah dikembangkan Paket ScaffoldingBerbasisKooperatifoleh Koes H dkkyang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini bermaksud menguji pengaruh paket tersebut secara empirik terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa yang menempuh matakuliah fisika dasar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, dengan desain The  Pretest-Posttest Non-EquivalentControl Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semesterII Jurusan Fisika UM yang menempuh matakuliah Fisika Dasar II.Sampel pada penelitian ini adalah kelas BB dan CC yang dipilih secara acak kelompok. Kelas CC berjumlah 32mahasiswa sebagai kelas pembanding dan kelas BB berjumlah 34mahasiswa sebagai kelas eksperimen.Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan paket ScaffoldingBerbasisPembelajaran Kooperatif, sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran Langsung. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai dengan kurikulum Fisika DasarII.Instrumen pengumpulan datatelah diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap 142 responden.Instrumen pretest prestasiberupa soal pilihan ganda sebanyak 22 butir dengan reliabilitas = 0,727,posttest prestasi berupa pilihanganda sebanyak 22 butir dengan reliabilitas 0,729  dan skala sikap ilmiahsebanyak 15 butir dengan reliabilitas = 0,698. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan homogen.sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji parametrik MANCOVA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap ilmiah mahasiswa yang diajar dengan paket scaffolding berbasis kooperatif lebih tinggi dari mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan paket scaffolding tidak lebih tinggi dari mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran langsung.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, beberapa saran yang dapat disampaikan antara lain (1) paket scaffolding berbasis kooperatif terbukti dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa, oleh karena itu, paket ini layak dijadikan model pembelajaran utama dalam matakuliah fisika dasar II, (2) perlu adanya penelitian serupa di tempat lain agar kesimpulan yang diperoleh dapat berlaku secara umum.