Wahyu, Ratna Wulandari. 2011. Pengaruh Penerapan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Kendaraan Bermotor terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang: (I) Drs. Supriyono Koes H., M.Pd, M.A (II) Drs. Parno, M.Si

Kata Kunci: Paket IPA Terpadu, Kompetensi IPA.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pengamatan di SMP Negeri 2 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah dalam disiplin ilmu fisika, kimia dan biologi. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kendaraan bermotor oleh Mu’minul Muhaimin yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen, guru, dan siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut secara empirik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, dengan desain Control Group Pre test-Pos test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII D. Kelas VIII A berjumlah 38 siswa sebagai kelas pembanding dan kelas VIII D berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Kendaraan Bermotor, sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VIII semester 2. Instrumen pretest dan posttest telah diuji validitasnya terhadap 134 responden. Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 13 butir dengan reliabilitas = 0,619, essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 10 butir dengan reliabilitas = 0,564, dan skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas = 0,802. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data tidak terdistribusi normal, sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji non-parametrik U Mann-Whitney.

Hasil uji hipotesis diperoleh nilai z prestasi belajar sebesar 2,424 dengan p=0,0071, nilai z kerja ilmiah sebesar 2,239 dengan p=0,0122 dan nilai z sikap ilmiah sebesar 1,768 dengan p=0,0401. Nilai p pada masing-masing kompetensi IPA lebih rendah dari pada nilai probabilitas (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi IPA (prestasi belajar, kerja ilmiah dan sikap ilmiah) kelas eksperimen lebih tinggi daripada kompetensi IPA kelas pembanding. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa paket IPA Terpadu Tema Kendaraan Bermotor dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Malang.

Loading