Isrofana, Hajjar Ariyani. 2011. Pengaruh Implementasi Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Pemanasan Global terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Malang Semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd, MA (II) Drs. Subani.

Kata Kunci: Paket IPA Terpadu, Kompetensi IPA

Dalam standar isi yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dinyatakan bahwa substansi matapelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs adalah IPA Terpadu. Pada tahun 2010 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan berbagai tema, salah satunya adalah tema Pemanasan Global yang disusun oleh Mahmudi, dkk. Uji validasi ahli yang dilakukan terhadap paket ini memberikan hasil bahwa Paket IPA Terpadu dengan tema Pemanasan Global layak digunakan dalam pembelajaran, tetapi penggunaan paket ini belum diketahui dampaknya terhadap kompetensi IPA siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh implementasi Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Pemanasan Global terhadap kompetensi IPA yang meliputi prestasi belajar, kerja ilmiah dan sikap ilmiah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi-Experimental Research) dengan rancangan PretestPosttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 7 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari delapan kelas. Melalui teknik random assignment, terpilih siswa kelas IX B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX E yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan mengimplementasikan Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Pemanasan Global, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan tanpa mengimplementasikan Paket IPA Terpadu. Pengukuran kompetensi IPA dilakukan dengan menggunakan instrumen pengukuran yang terdiri dari instrumen pengukuran prestasi belajar dengan reliabilitas sebesar 0,545, kerja ilmiah dengan reliabilitas sebesar 0,565 dan sikap ilmiah dengan reliabilitas sebesar 0,802. Data dihimpun melalui pretest sebelum perlakuan dan posttest sesudah perlakuan.

Uji hipotesis dengan tes non-parametrik U-Mann Whitney memberikan hasil bahwa prestasi belajar, kerja ilmiah dan sikap ilmiah siswa yang mendapat pembelajaran dengan mengimplementasikan Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Pemanasan Global lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan tidak mengimplementasikan paket IPA Terpadu. Oleh karena itu, Paket IPA Terpadu tema Pemanasan Global dapat diterapkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA di sekolah.

Loading