• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Teknik Talking Chip untuk Meningkatkan Keaktifan Berpendapat dan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang

Istiyana, Amelia Dwi Puji. 2009. Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Teknik Talking Chip untuk Meningkatkan Keaktifan Berpendapat dan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si, (II) Dr. Muhardjito, M.S

Kata kunci: PBMP, Teknik Talking Chip, Keaktifan Berpendapat, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran Fisika diperoleh bahwa siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang masih belum maksimal dalam pembelajaran Fisika. Sangat sedikit siswa yang bertanya dan jawaban yang diberikan seringkali masih bersifat tertutup. Sedikit sekali siswa yang berpendapat menurut bahasanya sendiri saat pembelajaran fisika. Selain itu, siswa juga mudah lupa konsep-konsep yang telah diperoleh terdahulu, sehingga pada saat guru bertanya, banyak siswa yang diam. Siswa cenderung bermain-main sendiri dan tidak memperhatilan penjelasan guru. Sehingga hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar Fisika dan keaktifan berpendapat siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang tersebut, maka diterapkan pola pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan teknik Talking Chip.

Pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) merupakan pola pembelajaran  yang berusaha memberdayakan pemikiran melalui pertanyaan. Pola pembelajaran ini sejalan dengan teori konstruktivisme. Siswa secara aktif menemukan dan mentransformasikan informasi kompleks yang ingin diperoleh secara individu. Teknik Talking Chip merupakan bagian dari strategi pembelajaran Cooperative Learning yang dilakukan dalam kelompok kecil. Penggabungan antara pola PBMP dengan teknik Talking Chip juga tergolong pembelajaran konstruktivisme yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan keaktifan berpendapat, dan hasil belajar Fisika siswa kelas VIII E SMPN 4 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran siklus I dilaksanakan dengan cara pengerjaan lembar soal PBMP dengan teknik Talking Chip. Pembelajaran siklus II dilaksanakan dengan cara pengerjaan lembar soal PBMP dengan teknik Talking Chip dengan metode praktikum. Dari hasil penelitian pada siklus I sudah mulai adanya peningkatan jumlah siswa yang berpendapat dengan rata-rata 22,8. Hasil belajar pada siklus I dapat dilihat dari rata-rata kelas diperoleh 56,5. Pada siklus II. terjadi peningkatan rata-rata jumlah siswa yang berpendapat sebesar 26,2, sedangkan untuk hasil belajar meningkat sebesar 4,6%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pola pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Mertanyaan (PBMP) dengan teknik Talking Chip dapat meningkatkan keaktifan berpendapat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII E SMPN 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru fisika untuk menerapkan pola pembelajaran PBMP dengan teknik Talking Chip sebagai salah satu variasi metode pembelajaran di kelas.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, Hasil Belajar, Keaktifan Berpendapat, PBMP, Teknik Talking Chip

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penerapan Model Inkuiri Induktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Ardjuna Malang
March 17, 2011

Next post

Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL Berbasis Lesson Study dalam Melakukan Observasi Pembelajaran
March 17, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID