0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Kurniati, Dwi Vivi. 2009. Penerapan Pembelajaran Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Analisis Kimia I SMK Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutarman, (II) Dr. Lia Yuliati, M. Pd.

Kata Kunci : Kemampuan kerja ilmiah, pembelajaran strategi REACT, prestasi belajar.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Fisika kelas X Analisis Kimia SMK Negeri 7 Malang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan melakukan eksperimen. Metode ceramah dilakukan secara dominan, sehingga memberikan dampak negatif karena siswa nampak bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Metode demonstrasi diberikan karena keterbatasan alat sehingga alternatif guru untuk menunjukkan gejala fisika dan memperjelas teori dengan melakukan demonstrasi. Saat berdiskusi, hanya beberapa siswa yang aktif diskusi dan siswa yang lain hanya berbicara sendiri dan ramai. Prestasi siswa masih rendah dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian sebesar 60,8. Guru mengalami kendala saat melakukan eksperimen, yang disebabkan macam dan jumlah peralatan untuk eksperimen di laboratorium terbatas. Dampak dari jarang melakukan eksperimen, kemampuan kerja ilmiah siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang dapat melibatkan siswa secara aktif adalah pembelajaran dengan strategi REACT yang terdiri dari 5 tahapan yaitu relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 7 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 malang dengan subyek penelitian kelas X Analisis Kimia I dengan jumlah 22 siswa, terdiri dari 16 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, verifikasi, penarikan kesimpulan dan refleksi. Ketercapaian kemampuan kerja ilmiah dan hasil prestasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan persentase.

Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas X Analisis Kimia I SMK Negeri 7 Malang mengalami peningkatan. Prestasi belajar mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 13,7 %. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 12,5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa.