• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Pembelajaran Model Inkuiri Induktif Disertai Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009

Penerapan Pembelajaran Model Inkuiri Induktif Disertai Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas   X-1 SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009

Habiburrahman, Novan. 2009. Penerapan Pembelajaran Model Inkuiri Induktif Disertai Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas   X-1 SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (2) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati, M.Si.

Kata kunci :inkuiri induktif, tugas terstruktur, hasil belajar fisika

Praktisi pendidikan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam bidang fisika, diantaranya dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan siswa dalam memahami konsep yang dipelajari. Pemahaman konsep yang baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir siswa. Adapun model pembelajaran yang diterapkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir siswa untuk memahami konsep yang dipelajari adalah model inkuiri induktif. Penggunaan inkuiri induktif dalam pelaksanaannya memerlukan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan metode penyampaian secara langsung sehingga perlu pengembangan diluar pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 8 Malang pada kelas X-1, diketahui bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah disertai diskusi dalam pembahasan soal. Hasil observasi awal juga menunjukkan bahwa hasil belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 di SMA Negeri 8 Malang. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri induktif disertai tugas terstruktur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data guru dan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang dengan jumlah 41 siswa yang terdiri dari 16 putra dan 25 putri. Siklus penelitian dilakukan dua kali disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan  yang digunakan setiap siklus dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen penelitian. Instrumen pembelajaran terdiri dari RPP, LKS, dan soal tugas terstruktur. Sedangkan instrument pembelajaran terdiri dari Lembar penilaian hasil belajar, lembar observasi guru mengajar, dan catatan lapangan

Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat persentase kenaikan nilai siklus I dengan siklus II  meliputi ketiga aspek yaitu pada aspek kognitif terjadi peningkatan sebesar 12,20%, pada aspek afektif terjadi peningkatan sebesar 19,51%, dan pada aspek psikomotor juga mengalami peningkatan sebesar 29,26%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri induktif disertai tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X-1 di SMA Negeri 8 Malang.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, hasil belajar fisika., Inkuiri induktif, tugas terstruktur

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Peranan Media dalam Membantu Proses Pembelajaran Fisika Dasar I Untuk Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang
March 17, 2011

Next post

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 6 SMAN 3 Malang
March 20, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID