0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Anggraeni, Sparingga. 2011. Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5 Phase Berbantuan Diagram Vee untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Purbo Suwasono, M. Si. (2) Sugiyanto, S. Pd, M.Si

Kata kunci : Learning Cycle, Diagram Vee, Keterampilan Proses, Prestasi Belajar

Hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang diketahui keterampilan proses siswa yaitu mengamati, menafsirkan, meramalkan, menggunakan alat, menerapkan konsep, merencanakan kegiatan, berkomunikasi, dan bertanya masih rendah. Selain keterampilan proses yang rendah, prestasi belajar siswa juga rendah. Prestasi belajar siswa yang rendah ditunjukkan oleh jumlah siswa yang mencapai SKBM adalah 26 siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu melatih keterampilan proses siswa dan meningkatkan prestasi belajar yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan diagram Vee.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang dengan menerapkan pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan diagram Vee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menuntut peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, penelitian, hingga pelaporan data. Pengambilan data dilakukan dengan observasi yang berpedoman pada lembar observasi. Lembar observasi yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan diagram Vee dan lembar observasi keterampilan proses. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui latihan soal di tiap akhir pembelajaran Learning Cycle dan tes akhir siklus .

Hasil penelitian menunjukkan delapan aspek keterampilan proses mengalami peningkatan dari Siklus  I ke Siklus  II. Pada Siklus  I persentase keterampilan proses siswa 65.75% dan di Siklus  II 85.51%. Peningkatan keterampilan proses ini diikuti peningkatan prestasi belajar siswa. Rata-rata prestasi belajar siswa 74.77 pada Siklus  I dan Siklus II 82.69. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Learning Cycle berbantuan Diagram Vee dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa di kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang.