• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek Tahun Ajaran 2008/2009

Septikasari, Wendha. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Parno, M.Si, (II) Drs. Mudjihartono.

Kata kunci: TGT, aktivitas belajar, prestasi belajar

Observasi awal siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Guru menerapkan pelajaran dengan metode ceramah. Dampak dari metode ceramah adalah siswa menjadi kurang aktif selama pembelajaran, dan tidak dapat melihat kejadian secara langsung sehingga tidak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas yang dimaksud meliputi aktivitas mengamati, aktivitas berbicara, aktivitas menulis, aktivitas motorik, dan aktivitas kejiwaan. Prestasi belajar siswa juga rendah. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa yang tuntas belajar hanya 20 atau 50% dari jumlah siswa . Ketuntasan belajar siswa didasarkan pada SKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 60% dari jumlah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif.

Pembelajaran kooperatif dalam pebelajaran ini adalah model TGT (Teams Games Tournament). Pembelajaran kooperatif model TGT ini terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap penyajian materi, diskusi kelompok, game, turnamen dan penghargaan kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek yang terdiri dari 20 orang putri dan 20 orang putra. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, instrumen tes dan catatan lapangan.

Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 83,43% (sangat baik) dan siklus II menjadi 98,44% (sangat baik) sehingga skor keterlaksanaannya meningkat sebesar 12,84%. Aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 71,44 (cukup) dan siklus II sebesar 87,98% (baik) sehingga skor aktivitas mengalami peningkatan sebesar 16,54%. Prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 65% (cukup) dan siklus II 87,5% (baik) sehingga skor prestasi mengalami peningkatan sebesar 22,5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, aktivitas belajar, prestasi belajar, TGT

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Deterjen Bagi Siswa SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang
March 20, 2011

Next post

Jadwal UAS Semester Genap 2010 / 2011
April 21, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID