0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Mu’ad, Zainul. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif  Model Team Game Tournament Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim dan­ Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Dampit Ma­lang. Skripsi, Program Studi Pen­didikan Fisika, Jurusan Fisika, Fa­kul­­tas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Uni­­­­ver­sitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd,­­ (II) Dr. Lia Yuliati, M.­Pd.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, model team game tournament, kerjasama tim, prestasi belajar fisika

 

Pembelajaran konvensional yang masih diterapkan di MTs Miftahul Ulum Dampit Malang khususnya kelas VIII  menyebabkan siswa jarang melakukan kerj sama dengan teman yang lain dan menyebabkan prestasi belajarnya belum me­me­­nuhi KKM yaitu 75. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan kerjasama tim dan prestasi belajar fisika siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Dampit Malang.

Tindakan yang diberikan pada penelitian ini adalah penerapan pembe­lajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT) berbasis prak­tikum. Pro­­sedur penelitian ini mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan kelas yaitu menggunakan prosedur kerja, meliputi tahapan-tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang di laksanakan dengan dua siklus. Analisis data meliputi tahapan-tahapan, yaitu: reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Analisis keterlaksanan pembelajaran model TGT dan kerjasama tim diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran dengan instrument: RPP, LKS dan lembar observasi, sedangkan analisis ketuntasan belajar atau prestasi belajar diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus.

Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran TGT pada siklus I menghasilkan presentase 71,05% sedangkan pada siklus II menghasilkan per­sentase 90,65% hal ini menunjukkan terjadinya kenaikan antara siklus I dan siklus II sebesar 19,6%, hasil ketercapaian kerjasama tim pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 71,6% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,8% hal ini menunjukkan terjadinya kenaikan antara siklus I dan siklus II sebesar 20,7% dan prestasi belajar fisika siswa pada ranah kognitif (C1,C2 dan C3) setelah dilakukan test pada setiap akhir siklus diperoleh rata-rata persentase sebesar 60% untuk siklus I sedangkan 80% untuk siklus II hal ini menunjukkan terjadinya kenaikan antara siklus I dan siklus II sebesar  20%.

Kerjasama tim mengalami peningkatan selama penerapan pembelajaran kooperatif model team game tournament (tgt) berbasis praktikum pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Dampit Malang. peningkatan kerjasama tim ter­jadi pada semua aspek yang diamati, yaitu tanggung jawab individu, menga­jukan argumen terhadap kelompok, memberi bantuan kepada teman kelompok, meng­hargai pendapat teman kelompok, pelaksanaan tugas yang diberikan. Pres­tasi belajar fisika siswa mengalami peningkatan selama penerapan belajaran kooperatif model team game tournament (TGT) berbasis praktikum pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Dampit Malang.