• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Komunikasi Siswa Kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar pada Mata Pelajaran Fisika Tahun Ajaran 2008/2009

Agustin, Lia Dwi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Komunikasi Siswa Kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar pada Mata Pelajaran Fisika Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono (2) Drs. Parno, M.Si

Kata kunci : model pembelajaran think pair share, kemampuan berpikir, kemampuan komunikasi

Hasil observasi di kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar diperoleh bahwa pembelajaran di kelas masih bersifat pemberian informasi dari guru kepada siswa yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar adalah kelas dengan peringkat prestasi terendah. Siswa di kelas tersebut juga memiliki kemampuan komunikasi yang kurang, pasif dalam menyampaikan pendapat saat diskusi. Untuk memecahkan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang dipilih adalah model Think Pair Share. Selain dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa model ini juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Model pembelajaran Think Pair Share dibagi menjadi empat tahap, yaitu tahap guru mengajukan permasalahan, tahap think, tahap pair, dan tahap share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses model pembela-jaran dengan model Think Pair Share yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir siswa dilakukan dua cara. Yaitu, membandingkan jumlah jawaban benar LKS pada tahap think dan tahap pair, dan menilai tingkat kognitif jawaban post test tiap akhir siklus. Untuk mengukur peningkatan kemampuan komunikasi siswa dilakukan penilaian komunikasi menggunakan rubrik penilaian komunikasi pada saat diskusi kelas (tahap share).

Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa jumlah jawaban benar LKS tahap pair lebih besar daripada tahap think. Jumlah jawaban benar LKS tahap think meningkat dari 35,75% pada siklus I menjadi 51,20% pada siklus II. Jumlah jawaban benar LKS tahap pair meningkat dari 54,98% pada siklus I menjadi 64,88% pada siklus II. Tingkat kognitif C1 jawaban post test siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dari 38,75% menjadi 74,44% (baik) , tingkat C2 meningkat dari 45,63% menjadi 74,44% (baik), tingkat C3 meningkat dari 10,63% menjadi 27,78% (kurang) dan tingkat C4 meningkat dari 47,5% menjadi 49,44% (kurang). Rata-rata nilai kemampuan komunikasi siswa meningkat dari 36,02% pada siklus I menjadi 37,21% pada siklus II.

Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan komunikasi siswa kelas VIIIE MTs Negeri Karangsari Kota Blitar.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, kemampuan berpikir, kemampuan komunikasi, model pembelajaran think pair share

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Peranan Media dalam Membantu Proses Pembelajaran Fisika Dasar I Untuk Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang
March 17, 2011

Next post

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 6 SMAN 3 Malang
March 20, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID