Rahmatiah, Titi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Matapelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs Agus Suyudi, M.Pd, (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd

Kata Kunci: Model  Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Berdasarkan hasil observasi di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang ditemukan, dalam pembelajaran fisika siswa masih terlihat kurang aktif dan cenderung bersikap individual sehingga kerja sama antar siswa masih kurang. Nampak pula adanya siswa yang bersifat tertutup dan malu bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti. Hal itu mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan dalam memahami materi menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa SMA Laboratorium UM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS.

Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus, masing-masing siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah siswa perempuan 20 dan jumlah siswa laki-laki 6 orang. Instrumen dalam penelitian berupa tes evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan

model pembelajaran TPS dapat  meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa 49,81 %. Pada siklus II, persentase aktivitas  belajar siswa meningkat menjadi 71,53 %. Penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase prestasi belajar siswa adalah 46,15 %. Pada siklus II, persentase prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 80,76 %.

Loading