• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Matapelajaran Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Matapelajaran Fisika

Rahmatiah, Titi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Matapelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs Agus Suyudi, M.Pd, (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd

Kata Kunci: Model  Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Berdasarkan hasil observasi di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang ditemukan, dalam pembelajaran fisika siswa masih terlihat kurang aktif dan cenderung bersikap individual sehingga kerja sama antar siswa masih kurang. Nampak pula adanya siswa yang bersifat tertutup dan malu bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti. Hal itu mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan dalam memahami materi menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa SMA Laboratorium UM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS.

Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus, masing-masing siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah siswa perempuan 20 dan jumlah siswa laki-laki 6 orang. Instrumen dalam penelitian berupa tes evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan

model pembelajaran TPS dapat  meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa 49,81 %. Pada siklus II, persentase aktivitas  belajar siswa meningkat menjadi 71,53 %. Penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase prestasi belajar siswa adalah 46,15 %. Pada siklus II, persentase prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 80,76 %.

Tag:Abstrak Skripsi Mahasiswa, aktivitas belajar, prestasi belajar, think pair share

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penggunaan metode heuristik untuk menganalisis kesulitan mengerjakan soal uraian materi dinamika partikel pada siswa kelas X SMA Taman Madya Malang
March 15, 2011

Next post

Karakterisasi Sifat Mekanik Stainless Steel AISI 304L Setelah Mengalami Proses Annealing dan Laju Korosinya dalam Media 10% H2SO4
March 15, 2011

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID