Purwanto, Bagus. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII.H SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Sutarman; (II) Drs. Winarto.
Kata Kunci: Kooperatif investigasi kelompok, Media Alat Peraga, Prestasi Belajar Fisika
Penggunaan metode pembelajaran yang masih didominasi oleh ceramah dalam pembelajaran fisika merupakan faktor penyebab kurang berkembangnya prestasi belajar fisika siswa di sekolah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII.H SMP Negeri 10 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan menggunakan model pembelajaran tradisional yang didominasi oleh metode ceramah dan jarang menggunakan media alat peraga. Selain itu penerapan model pembelajaran yang selalu sama dalam semua materi membuat siswa merasa jenuh, pada akhirnya menyebabkan prestasi belajar fisika siswa menjadi rendah.Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dan menyiapkan siswa agar memiliki hubungan sosial yang sehat akhir-akhir ini banyak dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif. Salah satunya adalah kooperatif investigasi kelompok dengan media alat peraga. Sejumlah studi tentang kooperatif investigasi kelompok ini telah konsisten menemukan bahwa siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengendapkan materi lebih banyak daripada siswa yang sekedar mendengarkan materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII.H SMP Negeri 10 Malang.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian tindakan berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan: 1) perencanaan, 2) pemberian tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi, yang membentuk siklus demi siklus sampai penelitian tuntas, sehingga diperoleh data yang dapat dikumpulkan sebagai jawaban dari permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII.H SMP Negeri 10 Malang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan peningkatan pada prestasi belajar fisika dengan nilai gain score 0,33 pada siklus I menjadi 0,44 pada siklus II dan ini sudah berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Diharapkan pada penelitian selanjutnya pembelajaran dapat menggunakan model kooperatif nvestigasi kelompok dengan alat peraga terhadap prestasi belajar fisika karena model kooperatif investigasi kelompok dengan alat peraga ini dapat meningkatkan interaksi siswa melalui proses kerjasamanya.