Pelatihan pengembangan RPP untuk PBL-STEM berorientasi literasi sains bagi guru IPA SMPN se-kota Malang merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) goal yang ke 4 dimana isi nya membahas tentang Quality of education dalam goal ke 4 ini memiliki tujuan untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil serta mempromosikan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua kalangan.
Pelatihan pengembangan RPP untuk PBL-STEM berorientasi literasi sains bagi guru IPA SMPN se-kota Malang ada karena munculnya beberapa permasalahan sepaerti beberapa guru IPA SMPN se-Kota Malang terungkap bahwa meskipun telah dianjurkan untuk melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL, PjBL, dicovery, dan Inquary, tetapi masih ada guru IPA yang masih jarang menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru melaksanakan pembelajaran IPA masih secara konvensional dimana guru memberikan penjelasan kemudian diikuti dengan latihan soal dan di akhir gabungan beberapa pembelajaran diadakan tes formatif. Guru masih tampak melaksanakan pembelajaran berpusat pada guru sehingga seolah-oleh konsep yang dikuasai oleh peserta didik adalah pemberian dari guru. Dengan adanya permasalah ini maka dilakukan Pelatihan pengembangan RPP untuk PBL-STEM berorientasi literasi sains bagi guru IPA SMPN se-kota Malang yang bertujuan untuk membangun literasi sains siswa
Rangkaian kegiatan Pelatihan pengembangan RPP untuk PBL-STEM berorientasi literasi sains bagi guru IPA SMPN se-kota Malang adalah sebagai berikut :
Pembuatan/Penyusunan/fabrikasi/sintesis Instrumen Penelitian
Pada tahap penyusunan ini dilaksanakan pada tanggal 15-22 juni yang digunakan untuk penyusunan draft landasan teori terhadap pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains, penyusunan draft contoh praktik pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains, lokakarya validasi praktik pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains.
Pengumpulan data/karakterisasi/pengujian/pendampingan/pelatihan
Dilaksanakan pada tanggal 13 Juli – 10 Agustus 2022 yang digunakan untuk pengenalan landasan teori terhadap pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains dan contoh praktik pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains, Praktik pembuatan RPP pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains dan Pembuatan instrumen tes literasi sains, praktik pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains, refleksi praktik pembelajaran PBL-STEM berorientasi literasi sains
Analisis Data
Dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 30 Oktober 2022 yang digunakan untuk analisis data, penyusunan artikel pengabdian, penyusunan draft buku, lokakarya validasi produk, pembuatan laporan
Previous
Next