Noormayasanti. 2009. Kemampuan Memberdayakan Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (II) Drs. Abdulloh Fuad, M.Si.

Kata kunci: kemampuan memberdayakan, media pembelajaran, PPL, penerapan lesson study.

Waktu yang sangat sedikit memberikan peluang yang kecil bagi mahasiswa Pendidikan Fisika (MPF) FMIPA UM peserta PPL untuk memperoleh pengalaman yang cukup untuk mengaktualisasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama masa kuliah 7 semester. Refleksi awal oleh guru pamong, dosen pembimbing dan MPF peserta PPL sepakat untuk menyelenggarakan lesson study agar waktu yang terbatas tersebut menjadi lebih efisien sehingga pelaksanaan PPL lebih intensif, efektif dan bermanfaat. Lesson study memberikan banyak pengalaman berharga karena MPF peserta PPL berkolaborasi untuk mencermati pembelajaran. Pelajaran berharga yang diperoleh selama kegiatan lesson study diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme keguruan dari MPF peserta PPL. Salah satu keprofesionalan seorang guru adalah kemampuan memberdayakan media pembelajaran. MPF peserta PPL diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam memberdayakan media pembelajaran secara berkelanjutan melalui kegiatan lesson study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan penerapan lesson study dari perspektif pemberdayaan media pembelajaran, 2) kemampuan memberdayakan media pembelajaran, dan 3) pertumbuhan kemampuan memberdayakan media pembelajaran dari MPF peserta PPL.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2008. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan ethnografi. Peneliti ikut bergabung dengan kelompok MPF peserta PPL dan mengamati pelaksanaan lesson study yang meliputi plan, do, dan see serta mengamati aspek kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media. Ada 2 tahap lesson study yang dilaksanakan oleh MPF peserta PPL yaitu tahap 1 (6 putaran pertama) dan tahap 2 (8 putaran terakhir).

Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) keterlaksanaan lesson study dari perspektif pemberdayaan media pembelajaran oleh MPF FMIPA UM peserta PPL sudah cukup terlaksana (67,46%) dan mengalami peningkatan dari tahap 1 ke tahap 2 lesson study baik pada plan, do, maupun see, 2) rata-rata kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media pembelajaran selama 14 kali lesson study adalah 31,71 (cukup mampu), 3) rata-rata kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media pembelajaran adalah 20,33 (kurang mampu) pada tahap 1 (6 putaran pertama) lesson study dan meningkat pada tahap 2 (8 putaran terakhir menjadi 40,25 (mampu).

Loading