• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Kemampuan Memberdayakan Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang

Kemampuan Memberdayakan Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang
Noormayasanti. 2009. Kemampuan Memberdayakan Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (II) Drs. Abdulloh Fuad, M.Si.

Kata kunci: kemampuan memberdayakan, media pembelajaran, PPL, penerapan lesson study.

Waktu yang sangat sedikit memberikan peluang yang kecil bagi mahasiswa Pendidikan Fisika (MPF) FMIPA UM peserta PPL untuk memperoleh pengalaman yang cukup untuk mengaktualisasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama masa kuliah 7 semester. Refleksi awal oleh guru pamong, dosen pembimbing dan MPF peserta PPL sepakat untuk menyelenggarakan lesson study agar waktu yang terbatas tersebut menjadi lebih efisien sehingga pelaksanaan PPL lebih intensif, efektif dan bermanfaat. Lesson study memberikan banyak pengalaman berharga karena MPF peserta PPL berkolaborasi untuk mencermati pembelajaran. Pelajaran berharga yang diperoleh selama kegiatan lesson study diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme keguruan dari MPF peserta PPL. Salah satu keprofesionalan seorang guru adalah kemampuan memberdayakan media pembelajaran. MPF peserta PPL diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam memberdayakan media pembelajaran secara berkelanjutan melalui kegiatan lesson study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan penerapan lesson study dari perspektif pemberdayaan media pembelajaran, 2) kemampuan memberdayakan media pembelajaran, dan 3) pertumbuhan kemampuan memberdayakan media pembelajaran dari MPF peserta PPL.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2008. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan ethnografi. Peneliti ikut bergabung dengan kelompok MPF peserta PPL dan mengamati pelaksanaan lesson study yang meliputi plan, do, dan see serta mengamati aspek kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media. Ada 2 tahap lesson study yang dilaksanakan oleh MPF peserta PPL yaitu tahap 1 (6 putaran pertama) dan tahap 2 (8 putaran terakhir).

Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) keterlaksanaan lesson study dari perspektif pemberdayaan media pembelajaran oleh MPF FMIPA UM peserta PPL sudah cukup terlaksana (67,46%) dan mengalami peningkatan dari tahap 1 ke tahap 2 lesson study baik pada plan, do, maupun see, 2) rata-rata kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media pembelajaran selama 14 kali lesson study adalah 31,71 (cukup mampu), 3) rata-rata kemampuan MPF peserta PPL dalam memberdayakan media pembelajaran adalah 20,33 (kurang mampu) pada tahap 1 (6 putaran pertama) lesson study dan meningkat pada tahap 2 (8 putaran terakhir menjadi 40,25 (mampu).

Tag:kemampuan memberdayakan, media pembelajaran, penerapan lesson study, PPL

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Pengaruh suhu sintering terhadap magnetodielektrik senyawa Spintronik Ti0,97Mn0,03O2±δ
September 12, 2009

Next post

Action Script di Flash
September 13, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID