Nisrina Mahmudah. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbahasa Inggris untuk Menunjang Pembelajaran Kontekstual pada SMA RSBI/SBI Kelas XI Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd M.Si, M.TD. (II) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si.

Kata Kunci: bahan ajar, fisika, berbahasa Inggris, RSBI/SBI, kontekstual

Fisika merupakan salah satu pelajaran yang menggunakan bahasa Inggris sebagai media pembelajarannya pada SMA RSBI maupun SBI. Bahan ajar yang digunakan juga bahan ajar berbahasa Inggris. Survey yang dilakukan ternyata masih terbatasnya bahan ajar yang berbahasa Inggris. Bahan ajar juga kurang mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual). Alasan tersebut mendorong diajukan penelitian pengembangan yang bahan ajar berbahasa Inggris dan berkaitan dengan kehidupan sehari- hari. Tujuan pengembangan ini adalah 1) mengetahui produk pengembangan dan spesifikasi bahan ajar fisika berbahasa Inggris untuk menunjang pembelajaran kontekstual pada SMA RSBI/SBI, 2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar fisika berbahasa Inggris untuk menunjang pembelajaran kontekstual pada SMA RSBI/SBI.

Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall 1983. Langkah yang dilakukan adalah studi pendahuluan, pengembangan produk, penilaian produk, revisi produk. Penilaian draf produk untuk kelayakan isi dan penyajian isi dilakukan oleh dua dosen fisika, tiga guru fisika SMA RSBI. Kelayakan dari aspek bahasa divalidasi oleh tiga guru bahasa Inggris dan uji kelayakan pada siswa SMA RSBI. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif merupakan penilaian kelayakan dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perhitungan rata-rata yang diadaptasi dari Arikunto.

Hasil pengembangan berupa bahan ajar berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan kamus penunjang, mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual), dan berpusat pada siswa.  Komponen bahan ajar terdiri dari halaman muka, kata penghantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, peta konsep, bagian isi dari bahan ajar yang terdiri materi bahan ajar dan lembar kegiatan siswa, rangkuman, soal evaluasi, kunci jawaban, glosarium, dan daftar pustaka. Hasil penilaian dari uji kelayakan isi dan penyajian isi adalah 3.13, dan dari aspek bahasa adalah 3.35 serta dari segi uji coba kelayakan pada siswa adalah 3.13 dari rentang nilai 4 dengan kriteria bahan ajar yang dikembangkan adalah sangat layak.

 

Loading