• Home
  • Profil
    • Profil Departemen
    • Ketua Departemen
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tri Darma
    • Dosen Fisika
    • DTPS Fisika
    • Staff dan Tendik
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
    • S1 Fisika
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
    • S3 Pendidikan Fisika
    • P3G
  • Akademik
    • Kemahasiswaan
    • Data Publikasi Dosen
    • Data Penelitian Dosen
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • SOP Jurusan
    • Skripsi Daring
    • Jadwal Ujian Skripsi
    • Katalog Departemen Fisika
  • Fasilitas
    • Sarana Fisika
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Tracer Study
  • Other
    • Direktori UM
    • Dokumen UM
      • Kalender Akademik
      • Pedoman Pendidikan
      • Panduan Brand UM
      • Katalog UM
      • Panduan Lambang UM
      • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
      • Download Page
      • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
    • Jurnal
      • Foton
      • JPSE
      • JRPF
    • Event
      • Seminar Nasional
      • Seminar Internasional
      • Kuliah Tamu
    • Catatan Kerja
English EN Indonesian ID
Departemen Fisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Profil Departemen
    • Ketua Departemen
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tri Darma
    • Dosen Fisika
    • DTPS Fisika
    • Staff dan Tendik
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
    • S1 Fisika
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
    • S3 Pendidikan Fisika
    • P3G
  • Akademik
    • Kemahasiswaan
    • Data Publikasi Dosen
    • Data Penelitian Dosen
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • SOP Jurusan
    • Skripsi Daring
    • Jadwal Ujian Skripsi
    • Katalog Departemen Fisika
  • Fasilitas
    • Sarana Fisika
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Tracer Study
  • Other
    • Direktori UM
    • Dokumen UM
      • Kalender Akademik
      • Pedoman Pendidikan
      • Panduan Brand UM
      • Katalog UM
      • Panduan Lambang UM
      • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
      • Download Page
      • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
    • Jurnal
      • Foton
      • JPSE
      • JRPF
    • Event
      • Seminar Nasional
      • Seminar Internasional
      • Kuliah Tamu
    • Catatan Kerja

Abstrak Skripsi Mahasiswa

  • Home
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa
  • Perbedaan Prestasi Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Berbasis Konstruktivistik dan Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Terbimbing di Kelas X SMA PGRI 1 Lumajang

Perbedaan Prestasi Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Berbasis Konstruktivistik dan Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Terbimbing di Kelas X SMA PGRI 1 Lumajang

  • Posted by Admin02
  • Categories Abstrak Skripsi Mahasiswa
  • Date September 9, 2009
  • Tags Belajar, eksperimen, fisika, konstruktivistik, metode, prestasi, terbimbing

Rozaq, Mutrofin. 2009.  Perbedaan Prestasi Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Berbasis Konstruktivistik dan Siswa yang Belajar dengan Metode Eksperimen Terbimbing di Kelas X SMA PGRI 1 Lumajang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si (II) Drs. Parno, M.Si.
   
Kata Kunci :  metode eksperimen berbasis konstruktivistik, metode eksperimen terbimbing, prestasi belajar fisika

Metode pembelajaran fisika yang digunakan di SMA PGRI 1 Lumajang selama ini masih kurang bervariasi dalam menjelaskan konsep-konsep fisika. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran fisika. Metode eksperimen pernah digunakan dalam pembelajaran fisika dengan jenis eksperimen terbimbing, dimana keaktifan dan kreativitas siswa dalam melakukan eksperimen kurang terpenuhi. Dari hasil observasi diketahui prestasi belajar fisika siswa masih rendah. Nilai rata-rata mata pelajaran fisika pada ulangan harian 1 pokok bahasan besaran dan satuan untuk kelas X-2 adalah 50.98 dan kelas X-4 adalah 51.26. Untuk itu dalam penelitian ini, pembelajaran fisika dilakukan dengan metode eksperimen berbasis konstruktivistik. Metode pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif selama proses belajar berlangsung. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi ide atau pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa sebelumnya.

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain penelitian pretest-posttest yang tak ekuivalent. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar fisika. Instrumen prestasi belajar fisika berupa pretest dan posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dan X-4 SMA PGRI 1 Lumajang. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2008/2009 antara bulan Oktober-November 2008.

Hasil penelitian dengan analisis uji-t menggunakan Independent Sample T-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailled) 0.043 < 0.05 t(5%). Hipotesis Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan metode eksperimen berbasis konstruktivistik dan siswa yang belajar dengan metode eksperimen terbimbing. Nilai rata-rata prestasi belajar fisika (posttest) kelas eksperimen konstruktivis 67.87 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen terbimbing 58.11. 

Tag:Belajar, eksperimen, fisika, konstruktivistik, metode, prestasi, terbimbing

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penggunaan Visualisasi Garis Ekuipotensial dan Garis Gaya Listrik sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Medan Listrik dan Potensial Listrik di Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2008/2009
September 9, 2009

Next post

Penerapan Pembelajaran Fisika Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thingking) Siswa Sekolah Bertaraf Internasional Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Malang
September 9, 2009

You may also like

demo image fisika um
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
demo image fisika um
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
demo image fisika um
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble
  • Instagram

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM | 2020 | http://fisika.fmipa.um.ac.id. - Host by UM