Anzarin M., Mu’minatin. 2009. Pengembangan Web sebagai Sumber Belajar Materi Perkembangan Teori Atom Kelas XII Semester 2 . Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yoyok A. L., M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd

Kata kunci: web, teori atom, sumber belajar

Web merupakan salah satu fasilitas di internet yang memiliki kemampuan untuk menampilkan berbagai jenis data. Hal inilah yang menjadikan web lebih banyak dipakai sebagai sarana untuk memberikan informasi maupun berkomunikasi oleh berbagai kalangan termasuk kalangan pendidikan. Penggunaan web dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat sekolah menengah secara umum saat ini hanya sebagai media untuk menyampaikan informasi.

Berdasarkan tinjauan lapangan sebagian besar web sekolah hanya berisi informasi-informasi administratif dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekolah tersebut. Padahal bagi siswa web merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang sudah tidak asing lagi. Berdasarkan studi lapangan yang telah dilakukan diketahui bahwa banyak siswa SMA sering mengakses internet dengan rentang waktu selama 1-3 jam dalam sekali akses dan pengaksesan dilakukan 2-4 kali dalam satu minggu dengan berbagai tujuan, yaitu chatting, game, browsing dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut tidak terlepas dari fasilitas web yang terdapat dalam internet. Adanya kelebihan yang dimiliki web menjadikan web sesuai untuk dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya untuk materi yang sulit diabstraksi oleh siswa, seperti teori atom. Tulisan ini mengembangkan web sebagai sumber belajar untuk materi perkembangan teori atom dengan tujuan memberikan alternatif sumber belajar bagi siswa yang lebih suka belajar secara mandiri.

Metode yang digunakan adalah metode pengembangan yang dikemukakan Alessi dan Trollip yang telah dimodifikasi. Langkah pengembangan tersebut meliputi: analisis kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan, persiapan, pembuatan produk, evaluasi dan revisi. Web yang dihasilkan memiliki beberapa karakteristik antara lain: web dilengkapi dengan mesin pencari yang dimiliki oleh ”google”, animasi yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, materi disajikan per subbab, dan latihan soal dilengkapi dengan skor. Web dapat digunakan secara optimal hanya jika diakses melalui internet dan materi maupun animasi yang ada di dalamnya tidak dapat di-download secara langsung. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media menyatakan produk ini cukup layak dengan persentase 67,05 %., ahli materi menyatakan produk ini layak dengan persentase 85 %, dan audiens menyatakan produk ini layak dengan persentase 84,21 %

Loading