• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Pengembangan Web sebagai Sumber Belajar Materi Perkembangan Teori Atom Kelas XII Semester 2

Pengembangan Web sebagai Sumber Belajar Materi Perkembangan Teori Atom Kelas XII Semester 2

Anzarin M., Mu’minatin. 2009. Pengembangan Web sebagai Sumber Belajar Materi Perkembangan Teori Atom Kelas XII Semester 2 . Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yoyok A. L., M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd

Kata kunci: web, teori atom, sumber belajar

Web merupakan salah satu fasilitas di internet yang memiliki kemampuan untuk menampilkan berbagai jenis data. Hal inilah yang menjadikan web lebih banyak dipakai sebagai sarana untuk memberikan informasi maupun berkomunikasi oleh berbagai kalangan termasuk kalangan pendidikan. Penggunaan web dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat sekolah menengah secara umum saat ini hanya sebagai media untuk menyampaikan informasi.

Berdasarkan tinjauan lapangan sebagian besar web sekolah hanya berisi informasi-informasi administratif dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekolah tersebut. Padahal bagi siswa web merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang sudah tidak asing lagi. Berdasarkan studi lapangan yang telah dilakukan diketahui bahwa banyak siswa SMA sering mengakses internet dengan rentang waktu selama 1-3 jam dalam sekali akses dan pengaksesan dilakukan 2-4 kali dalam satu minggu dengan berbagai tujuan, yaitu chatting, game, browsing dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut tidak terlepas dari fasilitas web yang terdapat dalam internet. Adanya kelebihan yang dimiliki web menjadikan web sesuai untuk dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya untuk materi yang sulit diabstraksi oleh siswa, seperti teori atom. Tulisan ini mengembangkan web sebagai sumber belajar untuk materi perkembangan teori atom dengan tujuan memberikan alternatif sumber belajar bagi siswa yang lebih suka belajar secara mandiri.

Metode yang digunakan adalah metode pengembangan yang dikemukakan Alessi dan Trollip yang telah dimodifikasi. Langkah pengembangan tersebut meliputi: analisis kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan, persiapan, pembuatan produk, evaluasi dan revisi. Web yang dihasilkan memiliki beberapa karakteristik antara lain: web dilengkapi dengan mesin pencari yang dimiliki oleh ”google”, animasi yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, materi disajikan per subbab, dan latihan soal dilengkapi dengan skor. Web dapat digunakan secara optimal hanya jika diakses melalui internet dan materi maupun animasi yang ada di dalamnya tidak dapat di-download secara langsung. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media menyatakan produk ini cukup layak dengan persentase 67,05 %., ahli materi menyatakan produk ini layak dengan persentase 85 %, dan audiens menyatakan produk ini layak dengan persentase 84,21 %

Tag:sumber belajar, teori atom, web

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Kemampuan Mengembangkan Bahan Ajar Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang
September 12, 2009

Next post

Pengaruh suhu sintering terhadap magnetodielektrik senyawa Spintronik Ti0,97Mn0,03O2±δ
September 12, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID