0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Meilina, Ike Lusi. 2011. Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika,  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito, M.S, (II) H. Sulur, S.Pd M.Si.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), kemampuan bertanya, pemahaman konsep fisika.

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Malang  kelas VIII G,  metode pembelajaran yang sering digunakan guru di kelas adalah metode ceramah, terkadang guru juga memberikan tanya jawab dan sedikit demonstrasi di depan kelas. Kegiatan pembelajaran fisika di kelas kurang interaksi antara guru dan siswa sehingga siswa cenderung pasif. Perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain berupa pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan keingintahuan siswa dalam memahami konsep fisika. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning).

Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik keterlaksanaan PBL, rubrik kemampuan bertanya siswa dan catatan lapangan. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi RPP, LKS dan soal pemahaman konsep siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa aspek tingkat pertanyaan meningkat 49,69%, yaitu dari 28,95% pada siklus I menjadi 78,64% pada siklus II. Keberanian meningkat 16,82% yaitu dari 21,27% pada siklus I menjadi 38,09% pada siklus II. Relevansi meningkat 39,48% yaitu dari 44,73% pada siklus I menjadi 84,21% pada siklus II. Struktur kalimat pertanyaan meningkat 39,91% yaitu dari 44,30% pada siklus I menjadi 84,21% pada siklus II. Pemahaman konsep fisika siswa pada siklus I adalah 76,32% dan meningkat menjadi 92,10% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa, (2) penerapan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa.