• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Kemampuan Mengembangkan Bahan Ajar Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang

Kemampuan Mengembangkan Bahan Ajar Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang

Ariyanto, Irfan. 2009. Kemampuan Mengembangkan Bahan Ajar Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA UM Peserta PPL dengan Penerapan Lesson Study di SMA Widya Gama Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (2) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si.

Kata kunci: kemampuan mengembangkan bahan ajar, mahasiswa PPL,   penerapan lesson study

Salah satu kompetensi profesional keguruan yang dilatihkan pada Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL adalah kemampuan mengembangkan bahan ajar. Pendeknya masa PPL selama 3 (tiga) bulan dan sedikitnya kesempatan praktek di kelas yaitu kurang lebih 4 (empat) kali pertemuan, sehingga mendorong guru pamong, dosen pembimbing, dan mahasiswa PPL untuk menerapkan lesson study selama PPL di SMA Widya Gama Malang. Penerapan lesson study melatih Mahasiswa Pendidikan Fisika berkolaborasi untuk merencanakan (plan), melaksanakan dan mencermati pembelajaran melalui observasi (do), dan melakukan refleksi evaluatif (see). Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam mengembangkan bahan ajar diharapkan dapat tumbuh berkelanjutan melalui penerapan lesson study.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan lesson study oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL, kemampuan mengembangkan bahan ajar Mahasiswa Pendidikan Fisika, dan pertumbuhannya. Keterlaksanaan penerapan lesson study adalah perbandingan jumlah tindakan yang terlaksana dengan jumlah seluruh tindakan yang seharusnya dilaksanakan oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL ditinjau dari prespektif pengembangan bahan ajar. Kemampuan mengembangkan bahan ajar adalah skor yang dimiliki oleh Mahasiswa Pendidikan Fisika yang menunjukkan kemampuan prosedur penyusunan bahan ajar, kualitas bahan ajar, dan kemampuan mengadakan perbaikan bahan ajar. Pertumbuhan kemampuan mengembangkan bahan ajar adalah perubahan kemampuan mengembangkan bahan ajar dari Mahasiswa Pendidikan Fisika yang direntang terhadap 2 (dua) siklus besar lesson study yang dilaksanakan

Penelitian ini dilaksanakan selama PPL yaitu bulan Agustus – Oktober 2008. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan etnografi. Peneliti berbaur langsung dalam kegiatan PPL untuk mengambil data yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Data diambil dari observasi, angket, dan penilaian produk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan lesson study adalah sebesar 72,1 % dengan kategori terlaksana, kemampuan mengembangkan bahan ajar berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,4 %, dan kemampuan mengembangkan bahan ajar mengalami pertumbuhan sebesar 5,3 % dari 81,5 % pada siklus lesson study I (6 open class pertama) dan 86,9 % pada siklus lesson study II (8 open class terakhir).

Tag:kemampuan mengembangkan bahan ajar, mahasiswa PPL, penerapan lesson study

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo
September 12, 2009

Next post

Pengembangan Web sebagai Sumber Belajar Materi Perkembangan Teori Atom Kelas XII Semester 2
September 12, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID