Monday , June 1 2020
Home / Jurusan / Abstrak Skripsi Mahasiswa / Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA-4 Semester Genap SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009

Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA-4 Semester Genap SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009

Widyaningrum, Yekti.2009. Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA-4 Semester Genap SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009 . Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si, (II) Drs. Mudjihartono

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan proses sains, SAVI 

Pada masa sekarang ini, pembelajaran yang masih didominasi oleh aktivitas guru dapat mengakibatkan rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa. Fenomena ini masih ditemui pada pembelajaran fisika di kelas XI IPA-4 SMA Negeri 8 Malang. Hasil observasi awal, angket dan wawancara  menunjukkan bahwa guru fisika di kelas ini selalu menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, kegiatan praktikum hanya dilakukan sekali pada semester gasal 2008/2009, persentase keterampilan proses sains siswa hanya 49% dan persentase hasil belajar siswa hanya 60%.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI di kelas XI IPA-4 SMA Negeri 8 Malang?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 8 Malang?, dan 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 8 Malang?.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan SAVI ini meliputi 4 tahap pembelajaran yaitu: 1) persiapan, 2) penyampaian, 3) pelatihan, dan 4) penampilan hasil. Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan SAVI diamati menggunakan lembar keterlaksanaan dan catatan lapangan. Peningkatan keterampilan proses sains diamati menggunakan lembar penskoran sedangkan hasil belajar kognitif siswa diamati menggunakan tes dan hasil belajar afektif siswa diamati menggunakan lembar observasi. Data keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang diperoleh dianalisis pada level individu dan level kelas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan SAVI  dapat terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa selama penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aktivitas keterampilan proses sains dan aspek hasil belajar kognitif serta afektif, baik pada level individu maupun level kelas.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan menambah alokasi waktu pada tahap pelatihan apabila akan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan SAVI. Alokasi waktu untuk tahap penampilan hasil dapat dipersingkat bila siswa benar-benar telah menguasai materi, sehingga keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dapat terus meningkat.

Check Also

Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIF SMPN 18 MALANG.

Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIF SMPN 18 MALANG.

Sagitha, Ferdi Dwi. 2011. Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *