Andriadi, Fitrin. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarjono, (II) Drs. Edi Supriana, M.Si

Kata Kunci: Kemampuan Afektif, Kemampuan  Kognitif, Model Think Pair Share

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Taman Dewasa Malang, ditemukan dalam pembelajaran fisika siswa masih terlihat kurang aktif dan cenderung bersikap acuh terhadap pelajaran fisika. Berdasarkan keterangan guru yang bersangkutan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika tidak terlalu banyak jika dipersentase hanya sekitar 60 % dari keseluruhan jumlah siswa kelas VIII C. Nampak pula adanya siswa yang bersifat tertutup dan malu bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti. Hal itu mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan dalam memahami materi menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi model Think Pair Share agar dapat meningkatkan kemampuan afektif dan kemampuan kognitif.

Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus, masing-masing siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang dengan jumlah siswa 38 siswa. Instrumen dalam penelitian berupa tes evaluasi untuk mengetahui kemampuan kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan afektif siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa dalam pembelajaran fisika siswa kelas VIII C SMP Taman Dewasa Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif tahap think pada siklus I 59,51% dan siklus II 65,80%, tahap pair pada siklus I 55,45% dan siklus II 62,85%, tahap share pada siklus I 64,04% dan siklus II 73,65%. Sedangkan kemampuan kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 58.97 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (46.20%) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86.66 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 38 siswa (97.40%). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan afektif dan kemampuan kognitif siswa kelas VIII C SMP Tamana Dewasa Malang mengalami peningkatan melalui implementasi model Think Pair Share .

Loading