0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Wijayanti, Kreislina Dewi. Implementasi Asesmen Portofolio pada Pembelajaran Kontekstual Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Mendiagnosis Kesulitan dan Kemajuan Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:          (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd

Kata kunci: portofolio, kesulitan belajar, kemajuan belajar

Permasalahan yang dihadapi SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan tidak hanya pembelajaran tetapi juga penilaian. Pembelajaran yang diselenggarakan masih didominasi oleh metode ceramah dan belum kontekstual sehingga kemampuan berpikir siswa masih jarang diasah. Penilaian yang sudah dilakukan masih menitikberatkan pada hasil akhir dan belum pernah memperhitungkan proses belajar yang dilalui siswa. Akibatnya guru mengalami kendala dalam mendiagnosis kesulitan dan kemajuan belajar yang dialami siswa selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk  mendeskripsikan kesulitan dan kemajuan belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Pakong-Pamekasan setelah diimplementasikan asesmen portofolio pada pembelajaran kontekstual pola PBMP.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengimplementasikan asesmen portofolio pada pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2008, terdiri dari dua tahap. Pada tahap 1, peneliti mendiagnosis kesulitan dan kemajuan belajar yang dialami siswa, dan pada tahap 2 dilakukan diagnosis kesulitan dan kemajuan belajar pada materi yang berbeda. Diagnosis kesulitan belajar dilakukan dengan memeriksa setiap pekerjaan siswa dan mencari sumber kesulitan siswa. Diagnosis kemajuan belajar siswa dilakukan dengan membandingkan nilai portofolio sebelum dan setelah revisi. Instrumen pada penelitian ini berupa jurnal belajar, LKS, PR yang diberikan setiap pertemuan, dan butir soal yang diberikan dalam bentuk tes di setiap akhir tahapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar berkurang jumlahnya setelah melakukan revisi pada tugas portofolio. Hal ini mengindikasikan bahwa melalui implementasi asesmen portofolio pada pembelajaran yang dilalui siswa dapat membantu siswa mencapai kemajuan dalam belajarnya.

Implementasi asesmen portofolio pada pembelajaran kontekstual pola PBMP dapat digunakan untuk mendiagnosis kesulitan dan kemajuan belajar yang dialami siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kesulitan belajar yang dialami siswa didiagnosis melalui kesalahan jawaban siswa pada tugas portofolio, baik sebelum maupun setelah revisi.