0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Pertiwi, Faninda Novika. 2009. Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (II) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si.

Kata kunci: strategi REACT, kemampuan berpikir, pemahaman konsep

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 1 Jenangan, ditemukan bahwa nilai rata-rata fisika siswa hanya mencapai 22,60. Nilai ini sangat jauh dari KKM yang ditetapkan yaitu 65. Jumlah siswa yang mencapai KKM juga hanya 1 siswa dari 38 siswa. Pembelajaran yang dilakukan di SMAN 1 Jenangan masih didominasi oleh guru. Siswa jarang mau bertanya, menyampaikan pendapat ataupun menjawab pertanyaan dari guru. Pada waktu guru memberi kesempatan untuk menjawab ataupun bertanya siswa bingung yang akan ditanyakan.
 
Hal ini merupakan indikasi bahwa kemampuan berpikir dan pemahaman konsep fisika siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman konsep fisika siswa dengan menerapkan strategi REACT. Strategi REACT terdiri dari 5 tahapan yaitu relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jenangan Ponorogo dengan jumlah 38 siswa, yang terdiri dari 9 orang putra dan 29 orang putri. Pokok bahasan yang digunakan adalah usaha dan energi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, format observasi kemampuan berpikir siswa, dan butir soal. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP dan LKS.

Peningkatan kemampuan berpikir dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 37,34 %. Peningkatan pemahaman konsep fisika siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 21,05 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir dan pemahaman konsep fisika siswa meningkat melalui penerapan strategi REACT.