Sofianto, Eko Wahyu Nur. 2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Merumuskan  Hipotesis dan Merumuskan  Kesimpulan Fisika dengan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Model  Inkuiri bagi Siswa Kelas VIIIB SMPN I MALANG Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si, (2) Drs. Parno, M. Si

Kata kunci: inkuiri, merumuskan hipotesis, merumuskan kesimpulan

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri I Malang, diketahui bahwa guru sudah menggunakan pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa, yaitu menggunakan metode demonstrasi. Tetapi dalam metode tersebut guru tidak melibatkan siswa sehingga aktivitas siswa tidak muncul selama KBM berlangsung. Selain itu, kemampuan siswa dalam merumuskan hipotesis dan kesimpulan secara keseluruhan masih belum terlihat dan masih didominasi beberapa siswa saja. Rata-rata siswa senang dengan kegiatan praktikum, tetapi kurang mampu dalam merumuskan hipotesis di awal pembelajaran dan merumuskan kesimpulan di akhir pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merumuskan hipotesis dan merumuskan kesimpulan siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Malang. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan Pembelajaran CTL model Inkuiri. Model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa secara penuh sesuai tahap-tahap Inkuiri sehingga aktivitas siswa akan terlihat dan siswa bekerja secara kelompok mencari bahan ajar secara mandiri sehingga siswa mampu membangun konsep secara mandiri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan pada siklus I. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Malang dengan jumlah 40 siswa, yang terdiri dari 22 siswa putri dan 18 siswa putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Hukum Newton, pesawat sederhana dan tekanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam merumuskan hipotesis dan merumuskan kesimpulan dalam kegiatan praktikum. Peningkatan rata-rata kemampuan merumuskan hipotesis secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,73%. Selain itu terdapat peningkatan merumuskan kesimpulan dari sebelum penelitian ke siklus I sebesar 5,1% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,7%.

Loading