• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Upaya Peningkatan Kemampuan Merumuskan Hipotesis dan Merumuskan Kesimpulan Fisika dengan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Model Inkuiri bagi Siswa Kelas VIIIB SMPN I MALANG Tahun Ajaran 2008/2009”

Sofianto, Eko Wahyu Nur. 2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Merumuskan  Hipotesis dan Merumuskan  Kesimpulan Fisika dengan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Model  Inkuiri bagi Siswa Kelas VIIIB SMPN I MALANG Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si, (2) Drs. Parno, M. Si

Kata kunci: inkuiri, merumuskan hipotesis, merumuskan kesimpulan

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri I Malang, diketahui bahwa guru sudah menggunakan pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa, yaitu menggunakan metode demonstrasi. Tetapi dalam metode tersebut guru tidak melibatkan siswa sehingga aktivitas siswa tidak muncul selama KBM berlangsung. Selain itu, kemampuan siswa dalam merumuskan hipotesis dan kesimpulan secara keseluruhan masih belum terlihat dan masih didominasi beberapa siswa saja. Rata-rata siswa senang dengan kegiatan praktikum, tetapi kurang mampu dalam merumuskan hipotesis di awal pembelajaran dan merumuskan kesimpulan di akhir pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merumuskan hipotesis dan merumuskan kesimpulan siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Malang. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan Pembelajaran CTL model Inkuiri. Model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa secara penuh sesuai tahap-tahap Inkuiri sehingga aktivitas siswa akan terlihat dan siswa bekerja secara kelompok mencari bahan ajar secara mandiri sehingga siswa mampu membangun konsep secara mandiri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan pada siklus I. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Malang dengan jumlah 40 siswa, yang terdiri dari 22 siswa putri dan 18 siswa putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Hukum Newton, pesawat sederhana dan tekanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam merumuskan hipotesis dan merumuskan kesimpulan dalam kegiatan praktikum. Peningkatan rata-rata kemampuan merumuskan hipotesis secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,73%. Selain itu terdapat peningkatan merumuskan kesimpulan dari sebelum penelitian ke siklus I sebesar 5,1% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,7%.

Tag:inkuiri, merumuskan hipotesis, merumuskan kesimpulan

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Kinerja Guru IPA di Kota Malang
September 9, 2009

Next post

Think Pair Share
September 9, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID