Anggrainingtyas, Nur Fitria. 2012. Efektivitas Penggunaan model Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses dan peningkatan prestasi belajar fisika SMPN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hartatiek, M.Si, (2) Dra. Chusnana Insyaf Yogiyati, M.Si.

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Keterampilan Proses, Prestasi Belajar

Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran efektif yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Model Learning Cycle 5E terdiri fase Enggagement, Exploration, Explanation, Elaboratin, dan Evaluation. Fisika sebagai IPA sebagai produk dan proses. IPA sebagai proses adalah peran aktif siswa dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan eskperimen, dapat diukur keterampilan proses.Keterampilan proses siswa terdiri dari mengamati, menafsirkan pengamatan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, menentukan alat dan bahan, berkomunikasi, dan mengajukan pertanyaan. IPA sebagai produk diukur melalui prestasi belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran.

Rancangan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Nonequivalent Control Group, model Learning Cycle 5E sebagai variabel bebas sedangkan keterampilan proses dan  prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Malang kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan  purposive sampling yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes pilihan ganda dengan 4 pilihan. Analisis statistik menggunakan uji t.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses dan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan model Learning Cycle 5E dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Nilai rerata tes awal kelas kontrol lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen sehingga digunakan gain score untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung keterampilan proses adalah 3,835 dan nilai t hitung prestasi belajar fisika adalah 6,702.Model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap prestasi belajar fisika yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata gain score sebesar 0,51 pada kelas eksperimen dan 0,21 pada kelas kontrol. Model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap keterampilan proses. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan proses sebesar 67,75 pada kelas eksperimen dan 61,88 pada kelas kontrol.

Loading