Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg dan Gall. Dengan demikian, sasarannya adalah tersusunnya (1) Paket IPA Terpadu dengan tema air untuk siswa SMP kelas VII semester II di SMP N 4 Kepanjen yang layak, dan (2) Panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu dengan tema air untuk siswa SMP kelas VII semester II di SMP N 4 Kepanjen yang layak. langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, dan (5) revisi produk utama. Kelayakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Air dan Panduan Pelaksanaan Pembelajran IPA Terpadu dengan tema air diukur dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 dosen IPA dan 2 guru IPA SMP.
Hasil validasi menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Air memperoleh nilai rata-rata 3,65 dengan kriteria layak. Sedangkan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3,60 dengan kriteria layak. Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan IPA Terpadu dengan Tema Air layak untuk digunakan sebagai panduan dan sumber belajar bagi Siswa SMP Kelas VII Semester II khususnya di SMP Negeri 4 Kepanjen.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terhadap Paket IPA Terpadu dengan Tema Air. Penelitian lebih lanjut adalah dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas, sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang teruji validitas secara empiris. Selain itu, penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengetahui apakah pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Air efisiensi waktu atau tidak.