0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id
Widayanti, Dwi R.I. 2009. Pengembangan Paket IPA Terpadu dengan Tema Air untuk Siswa SMP Kelas VII Semester II di SMP Negeri 4 Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Eddy Supramono, (2) Drs. Triastono Imam P, M.Pd.
 
Kata kunci : pembelajaran IPA Terpadu, tema air

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional secara tegas dinyatakan bahwa subtansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Di lain pihak, hasil survey terbatas pada guru-guru IPA SMP/MTs di Jawa Timur dalam  beberapa pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kretaif, Efektif, dan Menyenangkan) yang diselenggarakan oleh Proyek MBE menunjukkan bahwa sebagian  besar guru (92 dari  118 orang atau 70% ) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu  berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA. Hasil pangamatan di beberapa toko buku di kota dan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimanakah kelayakan pengembangan paket IPA terpadu dengan tema air di SMP Negeri 4 Kepanjen?, dan (2) Bagaimanakah kelayakan panduan pelaksanaan pengembangan IPA terpadu dengan tema air di SMP Negeri 4 Kepanjen?.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg dan Gall. Dengan demikian, sasarannya adalah tersusunnya (1) Paket IPA Terpadu dengan tema air untuk siswa SMP  kelas VII semester II di SMP N 4 Kepanjen yang layak,  dan (2) Panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu dengan tema air untuk siswa SMP  kelas VII semester II di SMP N 4 Kepanjen yang layak. langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, dan (5) revisi produk utama. Kelayakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Air dan Panduan Pelaksanaan Pembelajran IPA Terpadu dengan tema air diukur dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 dosen IPA dan 2 guru IPA SMP.

Hasil validasi menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Air  memperoleh nilai rata-rata 3,65 dengan kriteria layak. Sedangkan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3,60 dengan kriteria layak. Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan IPA Terpadu dengan Tema Air layak untuk digunakan sebagai panduan dan sumber belajar bagi Siswa SMP Kelas VII Semester II khususnya di SMP Negeri 4 Kepanjen.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terhadap Paket IPA Terpadu dengan Tema Air.  Penelitian lebih lanjut adalah dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas, sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang teruji validitas secara empiris. Selain itu, penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengetahui apakah pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Air efisiensi waktu atau tidak.