• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA) untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Malang

Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA) untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Malang
Hariani, Dwi Lujeng. 2009. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA) untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S; (2) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd.

Kata kunci: PBMP, SEA, Kerja Ilmiah, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara terhadap guru matapelajaran fisika di SMA Negeri 2 Malang diperoleh bahwa siswa kelas XI IPA 1 masih belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran fisika. Banyak siswa yang tidak mau bertanya kepada guru dan memberikan jawaban yang kurang sempurna jika guru memberikan pertanyaan.  Selain itu, ketika pelaksanaan kegiatan praktikum, siswa cenderung bermain-main dan kegiatan ilmiah siswa masih kurang baik. Siswa cenderung tidak memperhatikan penjelasan guru, terlihat dari beberapa kelompok siswa yang ramai sendiri. Hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang rendah. Untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang tersebut, diterapkan pola pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA).

Pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) merupakan pola pembelajaran  yang berusaha memberdayakan pemikiran melalui pertanyaan. Pola pembelajaran ini sejalan dengan teori konstruktivisme. Siswa secara aktif menemukan dan mentransformasikan informasi kompleks yang ingin diperoleh secara individu. Starter Experiment Approah (SEA) adalah suatu pendekatan yang mengajak siswa belajar IPA dengan membangun konsep melalui pengamatan dan pengujian terhadap gejala-gejala yang terjadi di alam. Penggabungan antara pola PBMP dengan SEA juga tergolong pembelajaran konstruktivisme yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan kerja ilmiah, dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran siklus I dan II dilaksanakan dengan cara pengerjaan lembar soal PBMP dengan SEA.

Dari hasil penelitian pada siklus I sudah mulai ada peningkatan kerja ilmiah siswa dengan rata-rata 79,80%. Hasil belajar pada siklus I yang dapat dilihat dari rata-rata kelas diperoleh 49,3 untuk aspek kognitif, aspek psikomotorik dan afektif diperoleh rata-rata 82,4% dan 83,0%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kerja ilmiah ssiwa sebesar 88,28%, sedangkan untuk hasil belajar pada aspek kognitif nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 58,5 dan untuk aspek psikmotorik, dan afektif meningkat sebesar 88,28%; dan 90,6%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Mertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA) dapat meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru fisika untuk menerapkan pola pembelajaran PBMP dengan SEA sebagai salah satu variasi metode pembelajaran di kelas.

Tag:Hasil Belajar, kerja ilmiah, PBMP, SEA

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MA Nahdatul Ulama Kepuharjo, Karangploso, Malang
September 25, 2009

Next post

Download Soal-Soal TOFI
September 25, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID